Tempat Wisata Lebaran 2021 di Pulau Jawa, Kalimantan hingga Papua

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 408 2409626 tempat-wisata-lebaran-2021-di-pulau-jawa-kalimantan-hingga-papua-5z3zmuizel.jpg Pulo Angso Duo Pariaman. (Foto: Instagram nandafirdaus32)

TEMPAT wisata Lebaran 2021 tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan hingga Papua. Pada libur Lebaran kali ini Anda minat berkunjung kemana?

Meskipun masa pandemi Covid-19 belum berlalu, traveler bisa menghabiskan waktu Lebaran dengan berwisata. Namun jangan lupa menerapkan protokol kesehatan ketat selama berada di tempat wisata ya!

Deretan tempat wisata ini siap menyambut pengunjung yang datang untuk habiskan libur Lebaran dengan keluarga maupun orang yang disayang. Kira-kira di mana saja? Berikut ulasannya yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Baca Juga: Tempat Wisata Lebaran di Bandung Favorit Keluarga, Ini 3 Pilihannya

1. Kalimantan Barat

pontianak

(Foto: Instagram chamufidah)

Destinasi wisata di Kalimantan Barat dikabarkan tetap buka selama libur Lebaran 2021. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar) Windy Prihastari mengatakan bahwa dibukanya tempat wisata tersebut adalah untuk mengantisipasi masyarakat lokal agar tidak mudik.

“Aktivitas pengelolaan wisata yang dibuka di Kalbar itu tetap di bawah pengawasan Satgas Covid-19 yang didampingi oleh TNI dan Polri. Razia rutin dan pengawasan juga akan dilakukan secara ketat," ujarnya di Pontianak, Minggu 9 Mei 2021.

Destinasi wisata di Kalimantan Barat diantaranya ada Pantai Temajuk yang terkenal akan sunsetnya, Danau Sentarum yang masih alami hingga Bukit Babi dimana wisatawan bisa melihat pemandangan hijaunya padang ilalang di bukit yang cukup misterius.

2. Raja Ampat

 raja ampat

Selain Kalbar, Raja Ampat juga tetap buka selama libur hari raya Idul Fitri 2021. Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di mengatakan bahwa Raja Ampat selalu ramai tiap tahunnya setiap masa libur lebaran. Di Raja Ampat pengunjung bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang mempesona. Selain itu, traveler juga dapat berfoto di Pianemo Rooftop yang terkenal akan gugusan karangnya dan laut birunya yang eksotis.

Namun dikarenakan masih dalam masa pandemi Covid-19, pengunjung yang datang diwajibkan tetap menaati protokol kesehatan. Meskipun destinasi wisata dibuka namun kapal-kapal wisata dari luar Papua yang akan masuk ke Raja Ampat pada masa larangan mudik Lebaran tidak diizinkan.

 3. Pariaman, Sumatera Barat

Pemerintah Pariaman, Sumatera Barat memutuskan untuk membuka obyek wisata dengan catatan Kota Pariaman berada di status hijau atau kuning. Ada empat objek wisata yang dibuka yaitu Talao Pauh, Pantai Gandoriah, Pantai Cermin, dan Pantai Kata. Dalam rangka meningkatkan protokol kesehatan, pihak pemerintah membatasi jam masuk di pos retribusi.

Pemungutan retribusi di dua pos di Pantai Gandoriah dan dua pos di Pantai Kata beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Pedagang yang berjualan di obyek wisata tersebut juga tak boleh ada penambahan. Yang boleh berjulan hanya pedagang lama atau pedagang yang biasa berjualan di destinasi wisata tersebut saja.

4. Malang

 malang

Malang juga tidak akan menutup objek wisatanya selama libur Lebaran. Objek wisata di Malang diharapkan akan mengalami kenaikan karena adanya larangan bepergian ke luar kota oleh pemerintah. Namun, meskipun daerah tujuan wisata tersebut tetap dibuka dan diperkirakan akan ramai pengunjung, pihaknya memastikan para pengelola daerah tujuan wisata tersebut akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Malang terkenal akan wisata alam dan tempat rekreasinya seperti Kebun Buah Apel dan Jatim Park. Selain itu, tempat wisata pegunungan yang sangat populer di Malang adalah Gunung Bromo. Pemandangan alam dari pegunungan sangat indah dan memukau Bromo dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Pemandangan Gunung Bromo akan sangat indah disaat matahari terbit.

 

5. Gunungkidul

Daerah di Yogyakarta yang terkenal akan pantainya yang eksotis ini juga tetap beroperasi. Setiap objek wisata bisa tetap beroperasi dengan ketentuan kawasan tersebut masuk zona hijau dan kuning dalam pemetaan kerawanan penyebaran Covid-19.

Objek wisata di Gunungkidul yang terkenal adalah pantai pasir putihnya seperti Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Baron dan lainnya. Serta ada Goa Pindul, Air Terjun Kedung Kandang dan Taman Bunga Amarilis.

Masyarakat yang berkunjung di kawasan objek wisata di Gunungkidul tersebut mematuhi protokol kesehatan dan jangan sampai lengah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini