Mengenal Tradisi Manambang, Cara Unik Cari THR ala Anak-Anak Padang

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 406 2409951 mengenal-tradisi-manambang-cara-unik-cari-thr-ala-anak-anak-padang-rhnyNPstND.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SETIAP daerah punya tradisi masing-masing yang dilakukan ketika menyambut Hari Raya Idul Fitri. Seperti tradisi manambang di Padang, Sumatera Barat.

Tradisi unik yang hanya dilakukan saat Lebaran saja ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak di Sumbar. Tradisi manambang ini dilakukan oleh anak-anak usia taman kanak-kanak dan SD.

Mereka secara bergerombolan terdiri dari 3-5 orang akan mendatangi rumah-rumah warga di desa untuk bersilaturahmi dan mereka nantinya akan mendapat uang lebaran.

Baca Juga:  4 Kuliner Khas Aceh, Sajian Spesial Idul Fitri

lebaran

Uang yang diberikan biasanya dibagi rata, sekira Rp2.000 hingga Rp5.000 per orang, nominalnya tergantung oleh tuan rumah. Tradisi ini menjadi surga bagi anak-anak di sana, karena dapat memperoleh uang dengan cara yang mudah.

Biasanya, setelah menunaikan sholat Idul Fitri dan menikmati ketupat dengan rendang di rumah masing-masing, setelahnya mereka bersepakat bersama teman sepermainan dan mulai menambang menyusuri rumah warga.

Sembari mengenakan baju lebaran, dengan senyum yang mengembang mereka dengan senang hati mengucapkan salam ke tiap-tiap rumah dan menanti hidangan dari tuan rumah lalu mendapat uang. Dalam tradisi ini, tidak memandang seberapa besar nominal yang diberikan, tapi sensasi menerima uang yang masih baru yang ditunggu-tunggu.

Ketika memasuki rumah, selain mengucapkan salam, dihidangkan kue lebaran dan minuman, mereka akan memperkenalkan diri jika sang tuan rumah belum mengenal mereka. Kegiatan ini menjadi sumber kebahagiaan bagi anak-anak dan pemilik rumah yang didatangi.

Hal ini karena tradisi manambang hanya dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri saja. Tradisi ini juga menjadi kesempatan pula bagi si tuan rumah untuk berbagi dengan sesama umat muslim atas rezeki yang diperoleh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini