Wisata Lebaran di Yogyakarta, Serunya Main ke Taman Gumuk Pasir

Mila Widya Ningrum, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 408 2409794 wisata-lebaran-di-yogyakarta-serunya-main-ke-taman-gumuk-pasir-dieblx1NLc.jpg Taman Gumuk Pasir. (Foto: Instagram)

YOGYAKARTA memiliki banyak objek wisata, salah satunya padang pasir ala Timur Tengah. Apalagi kalau bukan Gumuk Pasir Parangkusumo yang sudah terkenal.

Lokasi wisata ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran.

Gumuk yang artinya gundukan dalam bentuk kecil. Sehingga maksud dari Gumuk Pasir adalah gundukan pasir yang terbentuk secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Tumpukan pasir ini berasal dari material abu vulkanik Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh aliran sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo.

Nah, apa aja sih yang bisa dilakukan di Taman Gumuk Pasir ini? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Jawa Timur, Yuk Kunjungi saat Libur Lebaran

Sandboarding di Gumuk Pasir

Mendengar kata berseluncur identik dengan ombak dilautan, tetapi kali ini Anda akan merasakan berseluncur diatas permukaan pasir. Kegiatan ini bagi banyak orang adalah hal yang unik dan pastinya tidak kalah menyenangkan dengan berseluncur dilautan.

Anda bisa menggunakan sandboarding yang sudah tersedia disini, dengan Rp70 ribu Anda sudah mendapatkan pengalaman berseluncur diatas pasir yang pastinya menguji adrenalin.

Spot foto Instagramable

 taman

Untuk ada yang hobi memotret ataupun berpose tidak akan menyesal telah mengunjungi Taman Gumuk Pasir ini, karena di sini banyak spot foto yang keren dan unik loh. Anda bisa mengabadikan foto di gundukan gumuk, pepohonan kaktus, Anda juga bisa menaiki ayunan dan berpotret di sana. Tidak hanya itu, ada juga taman bunga berbentuk hati yang pastinya membuat foto Anda akan semakin kece untuk diunggah di Instagram.

Menikmati sunset

Lokasi taman ini memang paling cocok untuk menikmati sunset dan mengabadikan matahari yang akan terbenam karena destinasi yang terletak di pantai ini memiliki landscape yang luas. Untuk Anda yang ingin melihat sunset yang memuaskan, Taman Gumuk Pasir bisa menjadi pilihan Anda.

Fasilitas

Jangan khawatir kelaparan ataupun bingung memarkirkan kendaraan Anda, karena di sini sudah disediakan warung makan, area parkir bahkan toilet. Sehingga Anda bisa menikmati bermain di sini dengan nyaman.

Rute menuju lokasi

Dari pusat Kota Yogyakarta Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Untuk rute ke Gumuk Pasir, dari Kota Yogyakarta Anda bisa menuju ke Jalan Parangtritis lalu menuju ke selatan sampai di loket masuk Pantai Parangtritis belok kanan ke arah Pantai Depok, Anda tinggal mengikuti jalan, setelah hampir masuk ke loket Depok, belok kiri dan menuju ke area gumuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini