Daftar Kuliner Tradisional Khas Idul Fitri di Seluruh Dunia

Mila Widya Ningrum, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 301 2410055 daftar-kuliner-tradisional-khas-idul-fitri-di-seluruh-dunia-hcBYBMl70H.jpg Tufahija, kuliner khas Idul Fitri di Bosnia (iStock)

PANDEMI COVID-19 tidak menghentikan kehangatan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah di seluruh dunia. Momen akhir bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Kemenangan dirayakan umat Islam dengan penuh suka cita.

Mulai dari silaturahmi, saling mendoakan, bermaaf-maafan, hingga ngumpul bersama orang-orang tersayang dan makan-makan kuliner khas tiap negara penuh keakraban.

Baca juga: 4 Kuliner Khas Aceh, Sajian Spesial Idul Fitri

Orang-orang dari berbagai komunitas pun memasak makanan dan manisan yang lezat untuk merayakan Lebaran.

Melansir dari Times of India, Jumat (14/5/2021), berikut beberapa penganan tradisional terkenal yang disiapkan pada Hari Raya Idul Fitri :

Tufahija, Bosnia

Resep khusus ini disiapkan oleh orang Bosnia pada hari istimewa. Hidangan ini disiapkan dengan menggunakan apel rebus, yang diisi dengan kenari dan diberi krim kocok.

Shai Mai Eid, Burma

Di Burma, orang merayakan hari raya dengan menyiapkan makanan tradisional puding bihun manis. Hidangan manis ini kemudian disajikan dengan kelapa, kismis, dan kacang mede goreng.

Sheer Khurma, India

Beginilah cara India merayakan Meethi Idul Fitri. Meethi seviyan atau bihun manis disiapkan di seluruh India pada hari Idul Fitri.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Betawi saat Lebaran, Nyok Kite Makan!

Puding susu bihun ini adalah yang pertama dicicipi orang di pagi hari setelah salat Idul Fitri yang pertama.

Maamoul, Lebanon

Perayaan Idul Fitri di Lebanon dinilai belum lengkap tanpa maamoul. Kue-kue shortbread yang lezat, bermentega, diisi dengan kurma dan kacang-kacangan dan disajikan di hampir setiap rumah di Lebanon.

Lokum, Turki

Hidangan manis ini adalah hidangan khas Turki, biasanya hidangan ini sangat disukai anak-anak karena manisan ini kenyal berwarna-warni yang disiapkan khusus pada Idul Fitri.

Lapis Legit, Indonesia

Orang Indonesia menyiapkan kue khas Belanda ini untuk menandai kebahagiaan mereka. Kue bumbu berlapis seribu ini memang menyita waktu untuk dibagikan, tetapi sangat berharga untuk setiap menit yang dihabiskan.

ilustrasi

Aseeda, Libya

Jika Anda berada di Libya saat perayaan Idul Fitri, kemungkinan besar Anda akan disuguhi makanan penutup yang lezat seperti jeli, aseeda. Orang Libya suka makan aseeda, yang dibuat menggunakan tepung terigu dan madu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini