5 Kebun Raya Populer di Indonesia Buat Destinasi Piknik Keluarga

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 408 2410074 5-kebun-raya-populer-di-indonesia-buat-destinasi-piknik-keluarga-TDQPNlIFjW.jpg Kebun Raya Cibodas di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat (Instagram @kebunraya_id)

SEBAGAI kawasan dengan berbagai jenis tumbuhan untuk koleksi, penelitian, konservasi, dan sarana wisata, kebun raya sering jadi destinasi liburan keluarga.

Dengan suasana alam yang asri, membuat area ini cocok untuk berpiknik dan menghabiskan libur akhir pekan maupun hari libur seperti Lebaran.

Baca juga: 

Indonesia punya beberapa kebun raya terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan terutama dari lokal. Apa saja?

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor sudah sangat kesohor di Tanah Air, terutama di kalangan masyarakat Jabodetabek yang sering menjadikannya sebagai destinasi liburan akhir pekan. Lokasinya di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13 Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

ilustrasi

Kebun Raya Bogor (Okezone.com/Putra RA)

Kawasan seluas 87 hektare itu menyimpan sekiranya 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Suasananya sejuk dan nyaman. Tiket masuk sekitar Rp15.000 membuatnya ramai dikunjungi wisatawan.

Kebun Raya Cibodas

Popularitas Kebun Raya Cibodas akhir-akhir ini kembali meroket. Keindahannya dipamerkan berkali-kali oleh para pengguna media sosial TikTok. Ternyata kawasan ini sudah didirikan sejak tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda.

Baca juga: Piknik ke Kebun Raya Cibodas, Seseru Apa Sih?

Kawasan yang juga dikenal sebagai CIbodas Botanical Garden adalah taman hijau yang luasnya hampir 80 hektare dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit.

Kebun Raya yang berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa barat ini menawarkan udara yang sangat sejuk.

Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis yang tumbuh di sini termasuk 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek yang tersimpan dalam rumah kaca di Kebun Raya CIbodas.

Baca juga: Tempat Wisata Lebaran 2021 di Pulau Jawa, Kalimantan hingga Papua

Selain ragam tumbuhannya, Cibodas Botanical Garden juga punya punya beberapa lokasi yang jadi daya tarik turis, misalnya Jalan Araucaria, Air Terjun Cibodas, kebun pohon sakura, air mancur, dan danau. Di sini pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan sambil berkuda.

Kebun Raya Purwodadi

Dibangun sejak 30 Januari 1941, Kebun Raya Purwodadi juga dikenal dengan nama Hortus Ilkim Kering Purwodadi. Kebun raya ini menjadi salah satu yang difungsikan sebagai balai konservasi tumbuhan. Luasnya sekitar 85 hektar.

Kebun raya andalan warga Purwodadi ini memiliki lebih dari 2.000 jenis tumbuhan dengan total spesies mencapai 11.000. Keberadaannya di ketinggian sekitar 300 mdpl membuat udara sekitar terasa sejuk.

Ditambah pula dengan pepohonan rindang yang membuat suasana semakin asri, sangat cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga.

Kebun Raya Eka Karya Bali

Kebun Raya Eka Karya atau Kebun Raya Bedugul terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali atau berjarak sekitar 60 kilometer dari kota Denpasar. Sementara itu lokasinya berada pada ketinggian 1.250 hingga 1.450 mdpl.

Didirikan pada 15 Juli 1959, kebun raya ini menjadi yang tertua yang pernah didirikan oleh putra bangsa Indonesia.

Kawasan seluas 157,5 hektar ini merupakan tempat wisata favorit wisatawan lokal dan asing. Di sini terdapat aktivitas petualangan yang sangat disukai turis, terutama anak-anak.

Nama aktivitasnya adalah Bali Treetop. Selain itu, banyak spot menarik yang bisa dikunjungi di Kebun Raya Eka Karya seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Patung Kumbakarna Laga, Kebun Mawar, Lake Beratan View, Usada Cafe, dan rumah tradisional Bali.

ilustrasi

Kebun Raya Kuningan

Kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) berada di Desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan. Luas lahan yang mencapai 156 hektar menjadikannya wisata kebun raya terluas di Indonesia. Berbeda dengan kebun raya lainnya juga, Kebun Raya Kuningan merupakan kebun raya murni buatan Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 2014 dan diresmikan tahun 2015.

Sejauh mata memandang pengunjung disuguhkan banyak pepohonan rindang, perbukitan asri dan zona tematik yang menawan seperti taman Alwi, Rock Garden, taman Endemik Ciremai, Green House, dan sebagainya. Daya tarik lain kebun raya ini adalah ragam bunga begonia yang membuat kawasan terlihat memiliki banyak warna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini