Ancol Ditutup, 20 Ribuan Wisatawan Serbu TMII

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 406 2410463 imbas-ancol-ditutup-20-ribuan-wisatawan-serbu-tmii-6LNtRObNXX.jpeg Istana Anak Indonesia TMII di Jakarta Timur (Foto Traveloka)

TAMAN Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur ramai dikunjungi wisatawan pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021). Hingga jelang siang tercatat ada sekira 20 ribuan pengunjung yang sudah masuk. Ini diduga imbas dari ditutupnya kawasan wisata Ancol di Jakarta Utara.

Sahda Silalahi, Kepala Bagian Umum Koordinator Anjungan Daerah TMII mengatakan, karena tingkat kunjungan sudah mencapai kapasitas 30% sebagaimana diizinkan pemerintah, maka pintu gerbang TMII pun langsung ditutup.

Baca juga: Libur Lebaran, Belasan Ribu Wisatawan Kunjungi TMII

"Semua pintu gerbang TMII sudah ditutup. Di dalam (pengunjung) sudah mencapai 30% atau sekitar 20 ribu orang. Kami akan buka pintu lagi kalau pengunjung yang di dalam sudah keluar," kata Sahda kepada MNC Portal Indonesia.

Membeludaknya wisatawan di TMII, menurut Sahda, akibat dari penutupan sementara Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga: Asyiknya Liburan ke Ragunan, Ada Layanan Bus TransJakarta Gratis

Ya, manajemen Ancol memutuskan untuk menutup sementara kawasan wisata itu hari ini untuk memperkuat protokol kesehatan di antaranya menyemprotkan desinfektan di seluruh area.

"Puncak kunjungan TMII terjadi hari ini. Itu mungkin karena adanya pengaruh Ancol yang tutup. Jadi, yang mau cari suasana baru, mungkin pada keluar," ujar Sahda.

Sahda sempat mengobrol langsung dengan pengunjung yang tertahan di pintu masuk TMII. Dia bersama keluarga memilih liburan ke TMII karena Ancol tutup.

"Dia dan keluarganya ke TMII karena Ancol tutup. Mau ke Ragunan, harus beli tiket online dan baru bisa besok ke sananya," cerita Sahda.

TMII sendiri memiliki kapasitas normal 60 ribu orang. Tapi, di masa pandemi COVID-19, pengunjung dibatasi hanya 20 ribu orang di dalam lokasi wisata.

 Ilustrasi

"Kalau sebelum pandemi, rerata wisatawan TMII saat libur lebaran itu bisa 30 hingga 40 ribu orang. Tapi, saat pandemi kami batasi hanya 20 ribu sesuai dengan surat edaran Pemda DKI Jakarta. Jika sudah 20 ribu, pintu masuk TMII otomatis kami tutup," tambah Kabag Humas TMII, Adi Widodo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini