Resep Ayam Geprek Khas Yogyakarta, Pedasnya Bikin Nambah!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 301 2411350 resep-ayam-geprek-khas-yogyakarta-pedasnya-bikin-nambah-FuuS8N7NuV.jpg Ayam geprek. (Foto: Instagram ayamjajan)

AYAM geprek hits beberapa tahun belakangan ini di kalangan anak muda. Kuliner ini pertama kali hits di Yogyakarta dan akhirnya menyebar ke berbagai kota.

Ada banyak hidangan ayam geprek lezat nan pedas. Dari mulai ayam goreng biasa yang digeprek dengan sambal mete pedas hingga ayam goreng tepung yang disajikan dengan sambal bawang legit.

Tak perlu membeli lagi di warung makan jika ingin mencicipi ayam geprek ini, sebabnya Anda bisa masak langsung di rumah loh. Ini dia resepnya yang direkomendasikan, ditulis Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: Traveling ke Kediri, Cicipi Nasi Pecel Dhoho Legendaris

Bahan-bahan:

- 1/2 Kg Ayam Potong

- Bumbu Kobe super Krunchy

- Secukupnya Garam

- Penyedap rasa

Bahan Marinasi:

- 2 siung Bawang putih parut

- Sejumput Garam (Boleh skip)

Bahan Sambal:

- 3 siung bawang putih

- 2 siung bawang merah

- 10 cabai rawit merah

- Sepotong tomat

- 5/6 sendok minyak

- 2 lembar daun jeruk

Cara membuat:

- Marinasi ayam dengan bawang putih yang sudah halus dan sedikit garam selama kurang lebih 15 menit. Rebus ayam yang sudah dimarinasi selama kurang lebih 20 menit.

- Siapkan bumbu basahnya, ambil 3 sendok tepung kobe, masukkan 12 sendok air. Tunggu ayam hingga agak dingin. Masukkan ayam ke adonan basah, lumuri sampai merata.

- Masukkan ke adonan kering, tekan dan cubit ayam agar tepung merata. Siapkan wajan dengan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Masukkan ayam yang sudah diberi tepung.

- Goreng ayam sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Kemudian buat sambal geprek dengan mengulek bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit sampai halus.

- Tuang 5-6 sendok minyak ke dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah diulek lalu masukkan daun jeruk dan garam secukupnya. Ambil ayam, masukkan ke ulekan, geprek ayam dan taburi sambal di atasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini