Kapal Titanic Bersandar di China, Menginap Semalam Bujetnya Rp4,4 Juta

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 406 2411229 kapal-titanic-bersandar-di-china-menginap-semalam-bujetnya-rp4-4-juta-ZrsSCbnx1S.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KAPAL Titanic menjadi legenda karena romantika sepasang kekasih Jack dan Rose di sebuah kapal, namun tenggelam karena menghantam gunung es. Masyarakat pun terpukau dengan kisah ini hingga membuat replikanya di China, misalnya.

Melansir dari laman Japan Today, untuk mengenang dan memonumenkan kapal yang terkenal ini, sebuah proyek besar di Tiongkok membuat replika ulang kapal pesiar paling terkenal di dunia oleh film box office pada tahun 1997, yaitu Kapal Titanic.

Dahulunya, kapal Titanic ini merupakan kapal termewah dan terbesar sepanjang masa, dan oleh pemiliknya dicap sebagai kapal yang tidak dapat tenggelam. Karena keangkuhan sang pemilik kapal, pada 1912, kapal Titanic mengalami kecelakaan dan tenggelam di kedalaman Atlantik setelah menabrak gunung es. Kecelakaan tersebut menewaskan lebih dari 1500 penumpang.

Investor Su Shaojun mengatakan, ia termotivasi untuk membiayai pembangunan replika kapal titanic ini karena ingin menjaga agar kenangan tentang Titanic tetap hidup.

“Saya berharap kapal ini akan berada di sini dalam 100 atau 200 tahun,” kata Su, seperti yang diwartakan oleh Japan Today.

Replika kapal yang dibangun sepanjang 260 meter ini memakan waktu untuk membangun sekitar enam tahun. Pengerjaaan replika ini bahkan lebih lama dari pembangunan Titanic asli, dengan tambahan 23.000 ton baja dan terdiri dari 100 pekerja. Pembangunan replika Titanic ini memakan biaya sebesar satu miliar yuan ($153,5 juta) atau setara dengan Rp2,2 triliun.

Pembangunan Titanic jilid II ini dibentuk menyerupai Titanic asli, mulai dari bentuk dan tatanan ruang makan, kabin mewah, bahkan gagang pintu ditata menyerupai bentuk Titanic asli.

 kapal

(Foto: AFP)

Tidak hanya itu, dalam gambar yang terlihat pada situs juga menampilkan replica Pelabuhan Southampton, dimana karakter fiksi Jack, yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio berayun di atas kapal setelah memenangkan tiket dalam sebuah taruhan.

Baca Juga: Cantiknya Pramugari Dara Agung Foto di Bundaran HI, Netizen: Anak Bidadari

Agar suasana Titanic lebih terasa, lagu legendaris yang menjadi soundtrack film titanic yaitu “My Heart Will Go “ yang dinyanyikan oleh Celine Dion pun juga diputar berulang kali. Tidak hanya itu, kapal pesiar ini juga menambahkan mesin uap yang berfungsi mendukung suasana agar para tamu dapat merasa bahwa mereka benar-benar berada di laut.

Bagi Anda yang ingin menginap di sana nantinya, mulai dari sekarang bisa menyisihkan uang karena untuk menghabiskan satu malam di kapal dengan layanan kapal pesiar bintang lima ini memerlukan kocek hingga 2000 yuan, atau sekira Rp4,4 juta.

Namun, sayangnya pembangunan replica Titanic ini mengundang banyak kontroversi dari berbagai pihak. Masyarakat di dunia maya mempertanyakan apalah kapal terkenal yang dibangun untuk menarik wisatawan ini akan benar benar berjalan dengan baik, mengingat bagaimana kapal titanic yang asli pernah mengalami kecelakaan.

Selain itu, mereka juga khawatir proyek ini akan berakhir sama dengan proyek pembangunan China lainnya. Pada awalnya terlihat bersemangat dan ambisius, seperti replica USS Enterprise, yaitu sebuah kapal induk Amerika Serikat yang menelan biaya lebih dari $18 Juta, atau sekira Rp257 Miliar, namun proyek tersebut kemudian ditinggalkan pengunjung tak lama setelah dibuka.

Su berharap sebanyak lima juta pengunjung tahunan akan datang dan melihat replika Titanic ini. Ia mengatakan kuantitas wisata di sana harusnya menjamin kembalinya investasi yang sudah dikeluarkan.

Manajer proyek Xu Junnian mengatakan ia merasa perlu untuk menjaga kenangan tentang kapal titanic ini.

“Makna terbesar dari pembangunan kapal ini adalah untuk meneruskan dan mewarisi semangat agung Titanic,” kata Junnian.

Selain daya tarik abadinya yaitu blockbuster Hollywood, Titanic telah menarik perhatian berita utama di China setelah film dokumenter “The Six” yang baru saja rilis. Film ini bercerita tentang sekelompok pelancong Tiongkok di atas kapal saat kapal tenggelam, enam di antaranya selamat.

Untuk menarik perhatian pengunjung, para pengembang proyek kapal Titanic ini akan mengundang nama-nama besar legendaris di film Titanic, yaitu Jack, Rose, dan James Cameron saat acara peresmian nanti. Bagaimana, apakah anda tertarik berlayar di kapal Titanic ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini