Pengetatan Perjalanan Berlaku, 8.000 Penumpang Berangkat via Stasiun Senen

MNC Portal, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 406 2411692 pengetatan-perjalanan-berlaku-8-000-penumpang-berangkat-via-stasiun-senen-8NUbbEJqmX.jpg Penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (MNC Portal)

STASIUN Pasar Senen, Jakarta Pusat ramai dipadati penumpang kereta pada hari pertama pengetatan perjalanan, Selasa (18/5/2021), setelah berakhirnya masa larangan mudik Lebaran.

Pantauan MNC Portal Indonesia terlihat antrean penumpang di pintu keberangkatan Stasiun Senen padat, didominasi oleh pengguna kereta yang ingin mudik.

Baca juga: Sebelum Mudik Dilarang, KAI Berangkatkan 58.629 Penumpang

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa menyatakan bahwa adanya peningkatan jumlah penumpang dibandingkan hari kemarin.

"Penumpang berangkat hari ini cukup tinggi ya sekitar 8.000 penumpang yang berangkat dari Pasar Senen, tapi dari jumlah tersebut tidak mencapai 100% setelah dilakukan pemeriksaan berkas dan pemeriksaan Genose maupun rapid test,” kata Eva.

“Jadi okupansinya pada hari ini hanya sekitar 60%. Sebab, seluruh rangkaian yang berangkat pada hari ini tetap menerapkan prokes 70%."

Petugas Pengamanan Dalam (PKD) dikerahkan untuk melakukan pengawasan dan penertiban protokol kesehatan di Stasiun Senen. Beberapa protokol kesehatan yang diawasi oleh PKD yakni, penggunaan masker dan pelaksanaan jaga jarak.

Baca juga: 5 Hotel Dekat Stasiun Senen Rp300 Ribuan, Buruan Cek!

Sejumlah penumpang terlihat mengabaikan protokol kesehatan seperti tidak menjaga jarak. PKD Stasiun Senen terlihat mulai kewalahan dalam melakukan penertiban pelaksanaan jaga jarak di Stasiun Senen.

Eva Chairunisa mengatakan bahwa pada hari ini sebanyak 20 kereta api berangkat dari Stasiun Senen.

Lonjakan keberangkatan penumpang diperkirakan akan terjadi hingga esok hari.

"Untuk hari ini dari Pasar Senen dan Gambir 20 KA yang berangkat, sedangkan yang datang sebanyak 7 KA (3 Pasar Senen & 4 Gambir)" imbuhnya.

ilustrasi

Para penumpang yang akan melakukan keberangkatan ke luar kota terlihat sedang melakukan tes GeNose dan Tes Antigen. Tes ini harus dilakukan oleh penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota hari ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini