Share

Perluas Pasar Wisatawan, Pemprov Sulut Targetkan Pelaksaaan E-Tourism

Dimas Choirul, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 406 2412784 perluas-pasar-wisatawan-pemprov-sulut-targetkan-pelaksaaan-e-tourism-JUuaZIswLZ.jpg Menyelam di perairan Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara (Okezone.com/Subhan Sabu)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utuara (Sulut) tengah menargetkan pelaksanaan platform wisata digital atau electronic-Tourism (E-Tourism). Hal itu untuk mengikuti tren global dan inovasi dalam menggaet para wisatawan.

"Jadi target Pemprov Sulut karena memang digital tourism ini mutlak, kalau kita tidak lakukan maka sangat-sangat tertinggal,” ujar Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw saat ditemui oleh tim MNC Media dan Manajemen Mister Aladin di Kantornya, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Wow! Wisata Dalam Negeri Diskon hingga 95% Bulan Ini, Cek Link Promo Mister Aladin di Sini!

Kandouw menyampaikan, adanya digital travel agent Mister Aladin, merupakan sarana untuk membangun relasi ke pasar yang lebih luas.

“Saya yakin Mister Aladin ini networknya luas, skalanya besar akan sangat membantu stakeholder pariwisata kita di Sulut,” terang Politisi PDI Perjuangan ini.

Pria lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia juga menyampaikan, Pemprov Sulut saat ini sedang gencar melakukan edukasi di sektor pariwisata.

Baca juga: Rahasia! Ini Link Flash Sale Hotel Tiap Pekan dari Mister Aladin

"Adapun edukasi tersebut meliputi pendampingan dan pemberian fasilitas bagi semua (masyarakat sulut) yang mau melaksanakan," ungkap pria yang pernah tinggal lama di Jakarta ini.

Untuk itu, dengan adanya e-tourism place di masa pandemi Covid-19 ini juga sekaligus menerapkan protokol kesehatan untuk menjauhkan transaksi yang sifatnya kontak langsung.

"Seperti sekarang ini Gubernur sudah mendorong less cash society di sulut ini terutama yang menjadi motor adalah stakeholder pariwisata kalau perlu sampai pijet reflexi itu bayarnya pake digital. Untuk mengurangi resiko penularan covid dan untuk menjangkau seluruh dunia," ujarnya.

ilustrasi

Ia melanjutkan, seperti Kawasan Ekonomi Pariwisata Likupang, Minahasa Utara yang menjadi salah satu di antara daerah superioritas pembangunan pariwisata nasional, juga dapat dipromosikan ke wisatawan mancanegara melalui platform E-tourism.

"Tidak mungkin pasang bilboard KEK Likupang di seluruh dunia, berapa cost dan berapa overhead-nya? maka kita lakukan lewat digital tourism,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini