Share

Gedung 79 Lantai di China Goyang, Orang-orang Berlari Ketakutan

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 406 2412952 gedung-79-lantai-di-china-goyang-orang-orang-berlari-ketakutan-O0ECACtQkn.jpg SEG Plaza (Foto: Fox News)

BEIJING - Para pekerja di China melarikan diri dari gedung pencakar langit setelah gedung itu mulai bergoyang tanpa penjelasan.

Guncangan misterius dari gedung 79 lantai di Shenzhen menyebabkan evakuasi ribuan orang, South China Morning Post melaporkan yang dilansir Okezone dari Independent.

Biro Manajemen Darurat Shenzhen mengatakan telah menerima laporan bahwa SEG Plaza goyah dan sedang menyelidikinya.

Baca Juga:

Kerusakan Lingkungan Akibat Pembangunan Gedung Capai Rekor Tertinggi

1.360 Gedung Milik Kemenkeu Diasuransikan, Bayarnya Rp21,3 Miliar

Dikatakan tidak ada gempa bumi ketika guncangan terjadi sekitar pukul 01.50 sore pada hari Selasa dan laporan cuaca setempat menunjukkan kecepatan angin sekitar 27 km per jam - yang mana tidak mungkin menyebabkan guncangan.

"Setelah memeriksa dan menganalisis data dari berbagai stasiun pemantau gempa di seluruh kota, tidak ada gempa bumi di Shenzhen hari ini," kata pernyataan di media sosial China.

"Penyebab guncangan sedang diverifikasi oleh berbagai departemen." lanjutnya.

Chen Wei, seorang pekerja di SEG Electronics Market yang berada di SEG Plaza, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa dia awalnya tidak merasakan apapun tetapi mendadak disuruh meninggalkan gedung bersama orang lain.

โ€œSalah satu teman saya berada di gedung [bertingkat] dan melihat bahwa botol air di meja mulai bergetar,โ€ katanya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Chen mengatakan gedung-gedung di dekatnya dievakuasi dan jalan-jalan di dekatnya untuk sementara diblokir.

Lu Jianxin, kepala insinyur di China Construction Science and Industry Corp, mengatakan kepada surat kabar lokal Shenzhen Special Zone Daily bahwa guncangan itu mungkin disebabkan oleh efek "resonansi".

โ€œJika tidak ada gempa hari ini, tidak biasa SEG Plaza mengalami situasi seperti itu,โ€ kata mereka.

"Dilihat dari informasi yang tersedia saat ini, ini bisa menjadi kebetulan frekuensi yang tidak disengaja, yaitu resonansi." tutup Lu Jianxin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini