Pantai Lihaga Likupang Siap Sambut Wisatawan

MNC Portal, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 406 2413117 pantai-lihaga-likupang-siap-sambut-wisatawan-bbeWAGxqxM.jpg Pantai Lahiga di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (MNC Portal/Dimas C)

PANTAI Lahiga di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) memiliki pemandangan memukau. Pantai berpasir putih ini masuk dalam salah satu dari lima destinasi super prioritas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang.

Pemprov Sulut membenah infrastruktur wisata sekaligus mengembangkan atraksi daerah sebagai salah satu strategi untuk menarik wisatawan datang ke KEK Likupang.

Baca juga: Ingin Dikenal Wisatawan, Ini Strategi Likupang Kembangkan Pariwisata

"Dan yang tidak kalah penting disini adalah menyiapkan masyarakat setempat. termasuk upgrade suumber daya masyarakat lokal agar bisa mensupport pengembangan KEK," kata Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Pariwisata Dino Gobel kepada MNC Portal saat mengunjungi Pantai Lihaga, Kamis (20/5/2021).

Dino mengatakan, terkait pembangunan insfrastruktur, pemprov Sulut mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian dalam hal ini Kemenparekraf dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Kementrian PUPR ikut membangun infrastruktur jalan di KEK Likupang," ujarnya.

 

Selain itu, lanjutnya, untuk mendorong para pengunjung, pemprov Sulut juga tengah menggodok pemasaran berbasis digital dengan para stakeholder travel agent. Dino juga memastikan, pihaknya akan membuka lapangan pekerjaan untuk warga lokal sebagai pengelola.

Baca juga: Hotel-Hotel di Sulut Siap Sambut Kebangkitan Pariwisata

"Juga dari luar negeri sebelum dan selama pandemi berlangsung itu kita bina hubungan melalui virtual tourism seperti yang dari Eropa, China, itu terjaga," pungkasnya.

Diketahui, terdapat Lima destinasi wisata super prioritas yang menjadi fokus Kemenparekraf, yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Likupang sendiri kekinian telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Hal ini ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 Tahun 2019.

Terdapat banyak pantai eksotis yang dapat menjadi pilihan di Likupang, yaitu Pantai dan Bukit Pulisan, Pantai Paal, Pantai Lihaga, hingga Pulau Gangga.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini