Pesona Wisata Air Biru di Bekas Lahan Tambang

Antara, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 408 2413399 pesona-wisata-air-biru-di-bekas-lahan-tambang-Unh6pCoYRJ.jpeg Air Biru di Desa Cit, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Antara)

PEMERINTAH Desa Cit, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan objek wisata Air Biru seluas 2 hektare atau empat titik dalam satu hamparan.

Kepala Desa Cit, Hardani mengatakan, pengembangan objek wisata Air Biru yang dimulai tahun 2018 merupakan alternatif pemanfaatan sumber daya alam lahan bekas penambangan biji timah guna mendukung peningkatan pendapatan desa.

Baca juga:  Syarat Traveling ke Bangka Belitung, Wajib Tunjukkan Surat Swab Antigen!

Menurut, objek wisata Air Biru yang berjarak kurang lebih 1,5 kilometer dari jalan utama dikelola oleh BUMDes bekerjasama dengan pihak Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) dan masyarakat desa setempat.

"Objek wisata Air Biru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam maupun luar pulau Bangka karena didukung dengan tanaman penghijauan seperti pohon cemara laut dan jambu mente," katanya di Sungailiat, Jumat(21/5/2021).

 

Ketinggian pohon penghijauan sekaligus pelindung di sekitar Air Biru kata dia, saat ini sudah mencapai 1 meter dan ke depan mampu memberikan rasa nyaman pengunjung.

Baca juga:  Diakui UNESCO, Geopark Belitung Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan Mancanegara

"Hanya saja, saya mengakui mengalami kendala jembatan penghubung yang rusak akibat banjir serta akses jalan yang belum diaspal," ujarnya.

Dia mengatakan, pengunjung objek wisata Air Biru tidak hanya dari dalam wilayah pulau Bangka melainkan wisatawan asal Palembang Sumatera Selatan meskipun mengalami kendala jembatan yang rusak.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini