Apresiasi Penerapan Prokes, Menparekraf Komitmen Pulihakan Wisata saat Pandemi

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 406 2413946 apresiasi-penerapan-prokes-menparekraf-komitmen-pulihakan-wisata-saat-pandemi-cb0sDk9edv.JPG Sandiaga Uno Mengunjungi Museum Panji Malang (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG โ€“ Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bakal memberikan pendampingan dan bantuan kepada pelaku โ€“ pelaku wisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat mendatangi Museum Panji di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, pada Jumat petang (21/5/2021).

Di Museum Panji, Menparekraf Sandiaga Uno juga memberikan apresiasi kepada pelaku โ€“ pelaku wisata dan ekonomi kreatif yang berkomitmen menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan ini bagian penting untuk memulihkan sektor ekonomi wisata di kala pandemi Covid-19. Dengan tidak abai protokol kesehatan, maka geliat wisata dan ekonomi kreatif juga bakal terus berjalan.

Baca juga:

Sandiaga Uno: Covid-19 Paksakan Kita Sesuaikan Pariwisata Era Baru

Sandiaga Uno Ungkap Taman Tebing Breksi Perlu Storynomics untuk Perkuat Atraksi

โ€œKami mengapresiasi semangat dari para pelaku ekonomi kreatif dan juga para pengusaha di bidang pariwisata yang memberikan satu inovasi dan adaptasi ditengah begitu banyaknya tekanan diakibatkan oleh pandemi,โ€ kata Sandiaga Uno, kepada awak media.

Pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen meningkatkan pelaku usaha wisata dan ekonomi kreatif agar bisa beradaptasi dengan teknologi digital dan protokol kesehatan (Prokes), sesuai dengan kondisi saat ini di masa pandemi Covid-19.

โ€œKami akan hadir dengan program-program yang meningkatkan keterampilan dari para pelaku usaha ini untuk mereka bisa beradaptasi, khususnya di bidang teknologi digital dan protokol kesehatan. Kita ingin mereka mampu mengambil peluang-peluang, agar mereka bisa menjadi pengusaha yang naik kelas di masa depan,โ€ terang Sandiaga kembali.

Pemerintah melalui Kemenparkraf juga bakal mengucurkan dana hibah kepada pelaku โ€“ pelaku wisata, sebagai bagian dari insentif pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Ia pun berharap dana hibah ini bisa teralirkan tepat sasaran kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19. Selain itu dana hibah, pendampingan dan pelatih kepada pelaku wisata juga menjadi komitmen yang dilakukan Kemenparkraf, untuk membangkitkan sektor wisata.

โ€œDana hibah pariwisata, program bantuan insentif pemerintah, hingga program pelatihan dan pendampingan. Kami akan meminta masyarakat, dan saya akan memastikan bahwa itu akan tetap sasaran, berkeadilan untuk masyarakat yang betul โ€“ betul membutuhkan, sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,โ€ terangnya.

ย 

Terakhir Sandiaga berharap program โ€“ program yang diberikan kepada pelaku wisata dan ekonomi kreatif selama masa pandemi Covid-19 ini tepat sasaran dan langsung menyentuh mereka.

โ€œCOVID-19 ini memaksa kita untuk hadir dengan kebijakan yang berkeadilan langsung, menyentuh apa yang mereka perlukan. Jadi program-program ini kita minta dikawal kita pastikan programnya tepat sasaran pada mereka yang betul-betul membutuhkan,โ€ tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini