Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 406 2414072 sandiaga-uno-sebut-desa-wisata-simbol-kebangkitan-ekonomi-indonesia-RZy4m5Z0OO.jpg Sandiaga Uno (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebagai upaya mendorong desa – desa wisata di Indonesia untuk terus bergeliat saat pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sendiri terus menyosialisasikan desa – desa wisata di Indonesia agar mengikuti penghargaan yang diperuntukkan untuk desa – desa wisata yang ada di Indonesia.

Tak heran bila Sandiaga juga mempromosikan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini saat berkunjung ke Kabupaten Malang, pada Sabtu (22/5/2021).

Dikatakan Sandiaga, upaya ini untuk mendorong desa – desa wisata berbenah dan turut serta untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian sektor wisata di Indonesia.

Baca Juga:

Sandiaga Uno Canangkan Kota Batu sebagai The Honemoon City of Indonesia

Sandiaga Uno Buktikan Pendekatan Parekraf Tingkatkan Nilai Jual Ekonomi Kearifan Lokal

“Kita menyelenggarakan Anugerah Desa Wisata sebagai program unggulan dan program andalan masyarakat untuk pelaku wisata di Indonesia,” katanya, pada Sabtu siang (25/5/2021), di Desa Wisata Pujon Kidul.

Sebab menurutnya, desa wisata menjadi cerminan kebangkitan ekonomi di tengah hantaman pandemi Covid-19 yang juga berimbas pada ekonomi dan wisata.

“Kita ingin desa wisata betul - betul memberikan rasa keadilan ke masyarakat. Saya ingin pembangunan masyarakat berbasis keadilan, masyarakat menjadi pemain, bukan hanya penonton, dari sisi lingkungan, sosial, ekonomi. Sehingga masyarakat bisa sejahtera dan Indonesia bisa bangkit,” tutur Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno menambahkan, ada tujuh kategori penilaian bagi desa – desa wisata yang mendaftar. Beberapa di antaranya yakni CHS, desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (Alam, Budaya, Buatan), konten kreatif, homestay, dan toilet.

“Dimana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan, dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia,” ujar Sandiaga.

Pihaknya saat ini tengah menyosialisasikan pelaksanaan kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia yang dimulai 30 April – 25 Juni 2021. Sambil menyosialisasikan penghargaan bagi desa – desa wisata, pihaknya juga telah membuka registrasi secara online sejak 7 Mei hingga 26 Juni 2021 mendatang.

“Nantinya dewan jur bakal menentukan 500 desa sebagai nominasi, dan akan dipilih 50 desa terbaik, yang nantinya akan dilakukan visitasi verifikasi oleh Menparekraf dan perwakilan dari dewan juri,” paparnya.

 

Dirinya ingin desa – desa wisata yang ada menjadi destinasi wisata kelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah, dan kesejahteraan rakyat.

“Semoga pelaksanaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini dapat meningkatkan pengembangan desa wisata baru, dan memberikan suguhan menarik kepada wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik, melaui desa-desa wisata di Indonesia,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini