Amerika Perpanjang Larangan Perjalanan ke Kanada dan Meksiko hingga 21 Juni

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 406 2414338 amerika-perpanjang-larangan-perjalanan-ke-kanada-dan-meksiko-hingga-21-juni-sbQf1zoAAF.jpg Warga mengenakan masker di Amerika Serikat (kansascitymag.com)

AMERIKA Serikat memperpanjang larangan perjalanan ke Kanada dan Meksiko hingga 21 Juni 2021 dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19. Tapi, kebijakan ini dilonggarkan khusus untuk perjalanan penting seperti dalam rangka perdagangan.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS (DHS) telah mengumumkan perpanjangan penutupan perbatasan darat untuk perjalanan tidak penting antara AS dan Kanada serta Meksiko.

Baca juga: Penumpang Meraba-raba Wanita dalam Penerbangan, Pesawat Mendarat Darurat

“Untuk melawan penyebaran COVID-19 dan melindungi warga kami, AS terus membatasi perjalanan yang tidak penting di perbatasan darat hingga 21 Juni, sambil mengizinkan perdagangan dan perjalanan penting,” tulis DHA di akun Twiter resminya.

Fox News melaporkan, Minggu (23/5/2021), bahwa DHA turut bekerja sama dengan Kanada dan Meksiko untuk menjalankan kebijakan ini.

Kebijakan pembatasan perbatasan AS pertama kali diberlakukan pada awal pandemi virus corona pada Maret 2020.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard berharap AS dapat kebijakan ini sebelum musim panas berakhir.

Baca juga: Gedung Bekas Gereja Ini Kini Jadi Masjid Pertama Masyarakat Indonesia di Kanada

Meskipun belum ada keputusan yang jelas kapan kebijakan pembatasan ini akan dicabut, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyarankan setidaknya Minggu ini sudah ada 75 persen orang Kanada yang divaksinasi.

“Kami semua ingin kembali normal tetapi kami tahu bahwa sebelum kami kembali normal, kasus perlu dikendalikan, dan lebih dari 75 persen orang perlu divaksinasi agar kami dapat mulai melonggarkan keadaan di Kanada,” kata Trudeau.

Pemerintah Kanada juga akan melihat kerangka kerja yang akan diterapkan untuk memastikan pemerintah tetap menjaga keamanan warga Kanada.

Reuters melaporkan bahwa Kanada mewajibkan para wisatawan yang berkunjung ke sana untuk memperlihatkan terlebih dahulu bukti tes negatif COVID-19 dalam tiga hari setelah keberangkatan, dan ketika mereka sampai di Kanada.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini