Share

Monkey River Kemenuh Sukawati, Wisata Alternatif Selain Ubud Bali

Ketut Catur Kusumaningrat, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 408 2414303 monkey-river-kemenuh-sukawati-wisata-alternatif-selain-ubud-bali-lQ2msDKLdC.jpg Monyet di Kemenuh Monkey River, Gianyar, Bali (Facebook Kemenuh Monkey River)

BILA Anda bosan berkunjung ke wilayah Ubud, terdapat objek wisata alternatif yang dapat dikunjungi, yakni Kemenuh Monkey River yang terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Berjarak 6,5 kilometer atau 11 menit dari pusat Kota Gianyar, Kemenuh Monkey River menawarkan suasana alam yang asri. Rindangnya pepohonan serta jernihnya air Sungai Petanu membuat siapa saja yang berkunjung betah berlama lama di tempat ini.

Baca juga: Kesiapan Bali, Batam dan Bintan Terus Dipantau Jelang Diberlakukan Travel Bubble

Sesuai namanya, Monkey River juga terdapat fauna yakni kawanan monyet liar yang terdapat di sepanjang aliran Sungai Petanu. Namun, monyet-monyet tersebut hanya ada di jam-jam tertentu saja.

Pihak pengelola objek wisata Monkey River saat ini masih terus berupaya melatih kawanan monyet liar tersebut agar dapat menetap di kawasan Monkey River.

Agar bisa sampai ke objek wisata ini, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga menuju ke bawah untuk melihat panorama aliran Sungai Petanu yang asri.

Baca juga: Badung Siapkan Skema Pembukaan Pariwisata bagi Turis Asing

Pengunjung yang datang juga dimungkinkan untuk melakukan kegiatan penglukatan di tempat pencucian ini karena terdapat sumber mata air atau pancuran.

Menurut pengelola Monkey River, Ida Bagus Witara, objek wisata ini baru saja dikembangkan sejak pandemi COVID-19. Dengan menggunakan dana desa dari pemerintah, pihak pengelola secara bertahap melakukan penataan terhadap tempat wisata ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Diharapkan, tempat wisata ini dapat segera lebih dikenal oleh masyarakat khususnya di Bali.

Namun, bagi pengunjung yang hendak mengunjungi Monkey River ini diharapkan tetap berperilaku serta berkata sopan ketika berada di tempat ini. Hal ini dikarenakan wisata Monkey River ini berada di wilayah Pura Beji yang disakralkan oleh masyarakat setempat.

ilustrasi

Monkey River bisa dikunjungi siapa saja. Pengelola belum menerapkan tiket masuk. Pengunjung bisa memberikan dana punia atau donasi seikhlasnya saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini