Kampung Jepang Pulau Untung Jawa Jadi Pusat UMKM Pariwisata

Antara, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 406 2415304 kampung-jepang-pulau-untung-jawa-jadi-pusat-umkm-pariwisata-a4bZioKFHc.jpeg Kampung Jepang, Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta (Antara/Abdul Faisal)

KAMPUNG Jepang di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta dijadikan sebagai lokasi kegiatan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tergabung dalam Jakpreneur. Sudah 26 kios dibangun di kawasan ini untuk mendukung pariwisata.

"Di sini nanti akan kami bangun Jakpreneur yang ada di wilayah. Khususnya di Pulau Untung Jawa ini bisa kami bangkitkan," kata Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi di Jakarta, Senin (25/5/2021).

Baca juga:  Bertamasya ke Pulau Untung Jawa

Junaedi menuturkan pihaknya akan menentukan warga yang masuk Jakpreneur guna menjalankan kegiatan UKM, seperti kuliner maupun wirausaha lainnya di Kampung Jepang.

 

Junaedi mengatakan pada pencanangan Hari Ulang Tahun ke-494 DKI Jakarta sudah ada 26 kios yang sudah dibangun untuk keperluan wisata di Pantai Sakura, Kampung Jepang, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

"Lokasi pencanangan kami tempatkan di destinasi Kampung Jepang, Pantai Sakura, Kelurahan Untung Jawa. Kenapa kami tempatkan di destinasi kampung Jepang, berbagai alasan tadi saya sampaikan (dalam video konferensi bersama Gubernur DKI Jakarta)," ujar Junaedi.

Baca juga:  Pesona Pulau Kotok, Surga Kecil Elang Bondol di Kepulauan Seribu

Adapun saat ini, menurut Junaedi, pembangunan Kampung Jepang sudah mencapai 97 persen. Ia mengatakan tiga persen sisanya tinggal merapikan yang sudah dikerjakan oleh pihak PT Pertamina Patra Niaga.

"Karena ini adalah kewajiban yang sudah kami tanda tangani kerjasamanya dan insyaAllah mungkin beberapa minggu ke depan akan kami resmikan di Pantai Sakura," tutur Junaedi.

Ia mengatakan dalam rangka membuat ide dan gagasan mengenai desain Kampung Jepang, pihaknya memang bersama masyarakat dan anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara tersebut untuk melaksanakan kolaborasi.

"Alhamdulillah kolaborasi ini terwujud dalam bentuk destinasi Kampung Jepang," ungkap Junaedi.

 ilustrasi

Junaedi berharap keberadaan Kampung Jepang sebagai pusat kegiatan UKM menjadi sebuah kebangkitan Jakarta dan Kepulauan Seribu untuk menambah objek wisata yang dapat meningkatkan sektor perekonomian warga sekitar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini