6 Hal Menarik Seputar Pantai Ujung Genteng, Daya Pikat hingga Penginapan

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 408 2415862 6-hal-menarik-seputar-pantai-ujung-genteng-daya-pikat-hingga-penginapan-j5hwSlMbVz.jpg Pantai Ujung Genteng di Sukabumi, Jawa Barat (Instagram @matt.rif)

PANTAI Ujung Genteng adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin piknik menikmati keindahan alam, pasir putih, suasana asri dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Letaknya di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Ujung Genteng yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sungguh memesona. Apa saja daya pikatnya? Berikut ulasannya :

Pasir Putih

Pantai Ujung Genteng memiliki pasir putih yang terbentang luas sejauh mata memandang. Ditambah birunya laut, dan langit cerah membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.

Baca juga:  Punya Potensi Luar Biasa, Pengembangan Wisata Pantai Ujunggenteng Diprioritaskan

Anda bisa mengambil banyak foto dari beberapa spot menarik di pantai satu ini.

ilustrasi

Pantai Ujung Genteng (Instagram @2606abay)

Sunset

Selanjutnya, Anda bisa berburu sunset atau matahari terbenam di Pantai Ujung Genteng. Nuansa romantis dan indahnya pemandangan saat sore hari akan terasa di tempat ini.

Tak jarang juga, para pecinta fotografi menanti momen tersebut, yaitu saat di mana matahari terbenam.

Penangkaran Penyu

Tak hanya suasana pantainya saja yang bisa Anda nikmati. Tapi di sini juga bisa melihat penangkaran penyu, di mana satwa ini terancam populasinya dan hampir punah.

Baca juga:  16 Wisatawan Alami Kecelakaan di Pantai Selama Libur Lebaran 2021, Seorang Tewas

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pelepasan tukik atau bayi penyu yang dibiarkan berenang ke lautan.

Kuliner

Setelah puas menyaksikan sunset, foto-foto di pasir putih, dan melihat penangkaran penyu. Anda bisa menikmati kuliner khas di kawasan Pantai Ujung Genteng.

Ada banyak olahan laut yang bisa Anda nikmati, seperti beleum layur (ikan layur dibakar), tumis gurita, hingga mata lembu yaitu sejenis siput yang ditemukan menempel di bebatuan karang.

Rute ke Ujung Genteng

 

Bagi Anda yang berniat liburan ke Pantai Ujung Genteng, bisa menggunakan berbagai jalan alternatif. Kini jalan menuju ke kawasan tersebut bisa lebih mudah lho

Dari Jakarta Anda bisa mengambil akses jalan menggunakan jalur Pelabuhan Ratu. Sementara jika dari arah Bandung, bisa menggunakan jalan alternatif Lingkar Selatan Sukabumi.

Anda tak perlu bingung nyasar. Petunjuk jalan tersedia di berbagai area jalan. Bahkan, bisa ditanyakan ke warga lokal yang nantinya akan menunjukkan jalannya.

 ilustrasi

Penginapan dan Harga Tiket

Bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar Ujung Genteng, bisa menyewa penginapan seperti vila, hotel, bahkan rumah warga sebagian ada yang disewakan untuk para wisatawan. Harganya pun bervariasi.

Untuk harga tiketnya cukup terjangkau. Cukup membayar Rp10 ribu per orangnya. Kendaraan roda dua Rp2 ribu, kendaraan roda empat Rp5 ribu dan bus Rp10 ribu.

Sementara itu, Ujung Genteng mendapat prioritas dari pemerintah pusat karena dinilai memiliki potensi wisata, dan perikanan laut yang luar biasa yang harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Pemerintah pusat khususnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI sangat tertarik untuk mengembangkan pantai yang masuk dalam kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu," ungkap Plh Bupati Sukabumi, Zainul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini