Menyimpan Ratusan Potensi, Pesona Dayah Daboh Aceh Hadir di Pride of Indonesia Sabtu Pukul 18.00 WIB

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 406 2417150 menyimpan-ratusan-potensi-pesona-dayah-daboh-aceh-hadir-di-pride-of-indonesia-sabtu-pukul-18-00-wib-ZfxppvyQqa.jpg Masjid Aceh. (Foto: Instagram novian_altelucav

INDONESIA memiliki banyak daya tarik untuk dijelajahi. Mulai dari keindahan alam, keragaman budaya, flora dan fauna yang mempesona, kerajinan tangan serta kelezatan kuliner lokal yang mendunia. Tak heran, jika Indonesia memikat hati wisatawan baik dari dalam atau luar negeri.

Salah satu yang menarik perhatian yaitu Desa Wisata Dayah Daboh di Kecamatan Montasik, Aceh Besar, yang dikenal dengan kerajinan tangan seperti peci meukeutop khas Aceh, tas dan syal yang memiliki potensi yang luar biasa untuk mendorong kebangkitan sektor ekonomi kreatif di Aceh.

Dipandu langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, program “Pride of Indonesia” iNews episode Sabtu (29 Mei 2021) akan menghadirkan beragam produk ekonomi kreatif karya pelaku UMKM Dayah Laboh yang menyimpan keunikan tersendiri.

 Sandi

Seperti halnya peci meukeutop yang sangat sulit dibuat. Beragam motif menarik seperti gerbang Aceh yang tercetak dalam peci dibuat dengan menggunakan mesin bordir. Beragam benang jahit berwarna warni saling ditumpuk hingga membentuk sebuah motif khas Aceh Tengah.

Melihat geliat industri kreatif di Desa Wisata Dayah Daboh, Sandi mengusulkan agar gampong ini menjadi salah satu gampong tujuan wisata. Dengan demikian setiap penyedia jasa travel dapat memasukkan gampong ini ke dalam salah satu destinasi unggulan.

Sandi juga sempat berkunjung destinasi wisata halal utama di Aceh yaitu Masjid Raya Baiturrahman. Sandi mengakui masjid kebanggan masyarakat Aceh ini memiliki potensi wisata luar biasa yang harus dikembangkan dengan sebaik mungkin.

Saksikan selengkapnya di program “Pride of Indonesia” tayang setiap Sabtu pukul 18.00 WIB hanya di televisi milik MNC Group, iNews. Program ini dapat diikuti melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini