Artefak Seharga 20 Miliar Rupiah Dicuri dari Istana Inggris

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Minggu 30 Mei 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 406 2417474 artefak-seharga-20-miliar-rupiah-dicuri-dari-istana-inggris-lSy3xdY4IJ.jpg Kastil di Inggris (Foto: Timesofindia)

LONDON - Kerajaan Inggris dihiasi dengan sejumlah kastil indah yang menarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Namun dikarenakan situasi pandemi, kastil-kastil menjadi minim pengunjung sehingga memancing tindak kejahatan.

Baru-baru ini, pencuri masuk ke Kastil Arundel West Sussex di Inggris dan mencuri artefak senilai $1,4 juta atau sekira Rp20 Miliar.

Dalam perampokan yang terjadi Jumat lalu, satu set rosario emas yang sangat berharga juga dicuri.

Baca Juga:

 Kisah Horor Kastil Windsor, Konon Ada 25 Arwah Gentayangan, Bikin Merinding!

Jual Kastil Keluarga Seharga Rp17 Ribu, Pangeran Jerman Dituntut Ayahnya

Rosario tersebut adalah set yang dipakai oleh Mary, Ratu Skotlandia, ketika dia dipenggal karena pengkhianatan pada tahun 1587. Kastil itu berfungsi sebagai rumah bagi Adipati Norfolk dan leluhur mereka selama lebih dari 850 tahun hingga sekarang.

Artefak berharga lainnya yang dicuri termasuk piala penobatan abad ke-16 yang diberikan oleh ratu Skotlandia kepada Earl Marshal dan sejumlah barang emas dan perak.

Anehnya, semua barang bersejarah yang berharga ini diambil dari lemari pajangan umum. Polisi Inggris sekarang bersiaga tinggi dan memburu para pencuri dan barang-barang berharga yang dicuri.

Menurut juru bicara Arundel Castle Trustees yang dilansir dari Times of India, "Barang-barang yang dicuri memiliki nilai uang yang signifikan, tetapi sebagai artefak unik dari koleksi Duke of Norfolk memiliki kepentingan sejarah yang jauh lebih besar dan tak ternilai".

 

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa mereka mendesak siapa pun yang memiliki informasi untuk melapor ke polisi, membantu mereka menangkap pencuri dan mengembalikan harta tersebut ke tempat asalnya.

Sesuai surat kabar lokal, sekitar pukul 22:30 pada hari Jumat, alarm pencuri berbunyi di kastil dan staf yang hadir di sana diberitahu. Pada saat polisi mencapai TKP, pencuri telah melarikan diri dengan membawa harta karun bersejarah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini