Makna Seragam Pramugari Garuda Indonesia, Tandakan Jabatan dan Imej Maskapai

Fatha Annisa, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 406 2417910 makna-seragam-pramugari-garuda-indonesia-tandakan-jabatan-dan-imej-maskapai-E9qZhDjxoL.jpg Kostum Pramugari Garuda (Foto: Instagram)

JAKARTA - Sejak 1949 pramugari Garuda Indonesia telah berganti seragam sebanyak 11 kali. Kini mereka mengenakan kebaya bermotif batik khas bernama Lereng Garuda.

Memiliki 4 varian warna, seragam yang dikenakan pramugari maskapai plat merah ini selalu menyita perhatian masyarakat. Desainnya yang sederhana namun cantik membuat para pramugari terlihat berkali lipat lebih menawan ketika berjalan menyusuri lorong kabin.

Anisa Fajar, seorang mantan pramugari Garuda Indonesia mengungkapkan pada Okezone beberapa waktu lalu bahwa setiap warna seragam memiliki arti berbeda dan menggambarkan imej dari maskapai. Jabatan pramugari yang mengenakannya pun berbeda. Berikut penjelasannya:

Biru

 

Pertama adalah seragam berwarna biru, yang hanya boleh dikenakan oleh kepala penerbangan atau orang yang diandalkan, dan memiliki otoritas serta tanggung jawab pada setiap masalah di kabin. Sebutan lainnya adalah Flight Service Manager.

Warna biru pada seragam dipilih sebagai simbol ketenangan, kepercayaan, keandalan, serta kewenangan dalam kekuatan yang kompeten.

Ungu

 

Warna ungu menunjukkan inspirasi dan kreativitas. Seragam berwarna ini juga menekankan pada keanggunan para kru kabin pesawat Garuda Indonesia. Kru yang boleh menggunakan seragam berwarna ungu adalah MDC atau Maitre d’Cabine. MDC merupakan koordinator area atau kabin dalam suatu penerbangan.

Oranye

 

Pemilihan warna oranye bermaksud memunculkan kesan hangat, bersahabat, dan energik. Kehangatan yang dimaksudkan adalah kehangatan perilaku dan sikap serta keramahan pramugari dalam membantu para penumpang. Seragam ini diperuntukan bagi pramugari junior hingga senior yang belum menjadi MDC.

Toska

 

Sedangkan warna toska pada seragam pramugari membawa kesan segar, sophisticated, terpelajar, terampil atau cekatan dalam melakukan tugas. Warna ini juga memancarkan aura torpis.

Seragam berwarna toska sama dengan oranye, hanya boleh dikenakan oleh pramugari junior dan senior. Mereka bebas memilih di antara dua warna ini saat bertugas. Namun, ketika menginap di suatu kota atau negara, para pramugari akan berdiskusi untuk menentukan warna seragam yang akan mereka gunakan untuk keesokan harinya. Hal ini dilakukan agar warna seragam lebih bervariasi di dalam kabin. (edh)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini