Mengenal Upacara Grebeg Pancasila

Salman Mardira, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 406 2418571 mengenal-upacara-grebeg-pancasila-4lOeTGP1d2.jpg Upacara Grebeg Pancasila di halaman Museum Istana Gebang Blitar, Jawa Timur (Antara/Irfan Anshori)

WARGA Kota Blitar, Jawa Timur selalu merayakan Hari Lahir Pancasila tiap 1 Juni dengan upacara kirab Grebeg Pancasila. Tradisi ini bahkan sudah dilakukan jauh sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional pada 2016.

Inti grebeg adalah pagelaran upacara kebudayaan bedolan pusaka, kenduri serta kirab gunungan limo (lima) yang merupakan simbol Pancasila.

Baca juga: Wisata Pancasila di Desa Jrahi, Nikmati 4 Spot Menarik Ini

Di luar itu terdapat pasukan Tri Sakti dengan tameng dan tombak yang menunjukkan ajaran Tri Sakti Bung Karno.

Grebeg Pancasila di Blitar melibatkan jajaran pemerintah setempat hingga masyarakat. Mereka bahkan mengenakan pakaian adat lalu kirab dari alun-alun hingga ke Makam Presiden Soekarno. Pada malamnya dilanjutkan pawai lampion.

Selain ritual untuk menjunjung Pancasila, upacara ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat.

Baca juga: Mengintip Balun, Desa Wisata Pancasila di Lamongan

Namun, pada 1 Juni 2021, Pemerintah Kota Blitar meniadakan kirab Grebeg Pancasila karena berpotensi menimbulkan kerumunan yang dapat memicu munculnya klaster baru COVID-19. Tapi bukan berarti tanpa ritual.

Upacara tetap digelar tanpa massa dan menerapkan protokol kesehatan di halaman Museum Istana Gebang Blitar, Selasa (1/6/2021).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini