Wisata Pancasila di Desa Jrahi, Nikmati 4 Spot Menarik Ini

Mila Widya Ningrum, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 408 2418399 wisata-pancasila-di-desa-jrahi-nikmati-4-spot-menarik-ini-cqj21G6Fsx.jpg Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (desawisatajrahi.wordpress.com)

DESA Jrahi di Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terkenal akan kerukunan antarumat beragama. Pada 2 Desember 2021, desa ini ditetapkan sebagai Desa Wisata Pancasila.

Desa Jrahi dihuni oleh penganut agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha dan aliran kepercayaan Sapto Darmo. Meski berbeda keyakinan, mereka tetap bersatu, saling menghargai dan membantu satu sama lain.

“Tidak pernah berseteru serta selalu saling memahami dan membantu,” kata Bupati Pati, Haryanto seperti dikutip dari laman resmi provinsi Jawa Tengah, Selasa (1/6/2021).

Baca juga: Makna Seragam Pramugari Garuda Indonesia, Tandakan Jabatan dan Imej Maskapai

Desa Wisata Pancasila Jrahi terdapat berbagai aspek wisata seperti, aspek alam, buatan, religi, agrowisata, serta sumber daya manusia (SDM) yang mendukung pengembangan wisata.

Untuk mendukung pariwisata, Desa Jrahi sudah punya fasilitas seperti homestay, gedung pertemuan, gedung serbaguna, dan kantor desa wisata.

Dikutip dari wisatajrahi.com, berikut 4 spot wisata yang bisa dinikmati di Desa Wisata Pancasila Jrahi.

Grenjengan Sewu

Objek wisata Grenjengan Sewu merupakan salah satu wisata alam berupa air terjun yang terletak di area lahan perhutani di Desa Jrahi.

Untuk mengunjungi air terjun ini Anda bisa menggunakan sepeda motor atau pun berjalan kaki. Wisatawan dapat menikmati suguhan pemandangan alam yang indah, perpaduan antara pegunungan dan area persawahan yang berundak-undak.

Air terjun Grenjengan Sewu mempunyai tinggi berkisar kurang lebih 7 meter, namun dinding-dindingnya terdapat batu alam, pepohonan besar, udara yang sejuk, aliran air yang jernih dengan suguhan batu batu kali besar, dan tambahan pemandangan kera yang bermain di pepohonan besar di atas air terjun menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Embung Mini

Embung Mini Jrahi merupakan wisata alam buatan yang berupa embung yang berukuran kecil. Embung ini pada awalnya bertujuan untuk penampungan air tadah hujan yang dapat digunakan untuk pengairan kebun durian diwaktu kemarau.

Baca juga: 2 Juni, Tempat Wisata di Bandung Kembali Dibuka

Dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang menawarkan keindahan tersendiri bagi wisatawan yang datang, sehingga kini Embung Mini Jrahi berkembang menjadi wisata alam buatan yang dilengkapi dengan fasilitas Cafe J’Kopi sebagai tempat pertemuan dan tempat nongkorong bagi pecinta kopi.

Goa Jurang Gonggo Mino

Goa Jurang Gonggo Mino merupakan salah satu objek wisata buatan yang bernuansa alam yang ada di Desa Jrahi. Objek wisata Goa ini menyuguhkan pemandangan alam berupa pegunungan, jurang atau tebing dan goa.

Konon menurut sesepuh di Desa Jrahi goa tersebut merupakan goa dalam cerita Pewayangan Parikesit. Kini goa tersebut telah dikelola dan dikembangkan untuk menjadi salah satu tujuan wisata di Desa Jrahi bagi wisatawan.

ilustrasi

Pancur Songo

Pancur Songo merupakan salah satu objek wisata religi yang ada di Desa Jrahi. Pancur Songo sendiri yang berarti terdapat sembilan pancur air (aliran air) yang diyakini dapat memberikan pengaruh positif bagi pengunjung di objek tersebut.

Akses wisatawan menuju objek wisata Pancur Songo sangatlah mudah karena dapat ditempuh dengan sepeda motor dan menuruni anak tangga untuk sampai di lokasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini