Menelusuri Surga Alam Wana Wisata Penggaron Semarang

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 408 2419701 menelusuri-surga-alam-wana-wisata-penggaron-semarang-fMJjAT4Tvi.jpg Hutan Penggaron (Foto: Jejakpiknik)

SEMARANG - Tidak ada yang lebih menenangkan dari merdunya suara kicau burung dan sayup-sayup gesekan ranting kayu di tengah rimbunnya pepohonan di tengah hutan. Udara yang sejuk dan suasana yang damai membuat siapa pun yang berkunjung ke sana akan langsung jatuh cinta dengan pesona ketenangan yang sangat pas sebagai lokasi melepas penat.

Di Semarang, tepatnya di Ungaran Timur, Siroto, Jawa Tengah, terdapat sebuah hutan asri yang menyimpan kekayaan alam bernama Wana Wisata Penggaron. Objek wisata ini digadang-gadang akan menjadi objek wisata serupa Taman Safari Bogor, bernama Jateng Park. Nantinya, kawasan ini akan dipenuhi berbagai macam satwa dari dalam dan luar negeri.

Melansir dari lama Biroinfrasda.jatengprov, Wana Wisata Penggaron ini berfungsi sebagai Hutan Produksi BKPH Penggaron KPH Semarang yang memiliki luas sekitar 500 hektar

Lalu, apa sih menariknya Wana Wisata Penggaron ini?

Baca juga:

 Indahnya Kawasan Bawah Laut Daerah Destinasi Super Prioritas Likupang

Harap Sabar, Sejumlah Destinasi Wisata di Kabupaten Sukabumi Masih Tutup

Sekilas, tidak ada yang istimewa dari sebuah hutan yang dikelilingi pohon rimbun dengan suara jangkrik yang bersahut-sahutan menggema ketika senja datang, atau tidak lebih dari sekedar sebuah lokasi yang hanya dikunjungi untuk acara camping pada umumnya.

Itulah mengapa kawasan Wana Wisata Penggaron masih belum dikenal masyarakat luas dan jarang dikunjungi kecuali untuk pengunjung yang melakukan acara tertentu seperti camping atau melakukan penelitian alam.

Terdengar membosankan dan tidak ada yang menarik jika kita mendengar dari komentar mulut ke mulut orang yang belum pernah masuk dan menyaksikan pesona Wana Wisata Penggaron secara langsung.

Memasuki kawasan Wana Wisata, selain suasana alam yang masih asri, di sana pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik, mulai dari olahraga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR, camping, pramuka, trabas, rekreasi, piknik, dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di ruang terbuka lainnya.

Tidak hanya itu, Wana Wisata juga dijadikan sebagai lokasi pengamatan burung yang cukup bagus. Kawasan ini menyimpan sekitar 97 spesies burung liar, seperti merak hijau, elang ular bido, kadalan birah, dan kadalan kembang.

Memiliki medan yang sedikit menantang membuat para pecinta offroad menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Selain menguji adrenalin, kawasan ini seakan mampu menjadi obat penawar kebosananmu dari hiruk pikuk perkotaan

 

Tak jarang, pengunjung yang berada di daerah Wana Wisata Penggaron memanfaatkan kawasan ini sebagai lokasi gowes pagi. Salah seorang pengunjung melalui video yang diunggah di kanal Youtube pribadinya ddwip story, membagikan pengalamannya gowes di kawasan Wana Wisata.

“Perjalanan di sini begitu nikmat, udara sejuk pagi ini, di kanan tebing,di kiri juga tebing,” katanya.

Untuk memasuki kawasan dengan suguhan pemandangan alam yang hijau asri, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 6000 per orang. Jika anda membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp3000 untuk mobil. Harga yang terjangkau untuk sebuah pemandangan alam yang indah, bukan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini