Pendakian Gunung Merbabu Dibuka, 3 Objek Wisata di TNGMb Masih Ditutup

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 406 2423232 pendakian-gunung-merbabu-dibuka-3-objek-wisata-di-tngmb-masih-ditutup-HTpgzQ2lCD.jpg Gunung Merbabu di Jawa Tengah (Okezone.com/Salman Mardira)

GUNUNG Merbabu, Jawa Tengah dibuka kembali untuk pariwisata dan pendakian mulai 14 Juni 2021. Namun, objek wisata Umbul Songo, Kalipasang dan Treetop yang berada di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) masih ditutup untuk wisatawan.

Dikutip dari laman resmi Balai TNGMb, Kamis (10/6/2021), Umbul Songo, Kalipasang dan Treetop ditutup terhitung mulai 7 Juni 2021 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. Penutupan ini untuk mencegah COVID-19.,

Baca juga:  Pendakian Gunung Merbabu Dibuka Mulai 14 Juni, Buruan Open BO!

Berdasarkan Update Informasi Tanggap COVID-19 Kabupaten Semarang 7 Juni, pada Peta Zonasi Kasus COVID-19 Kabupaten Semarang menunjukkan Kecamatan Getasan berzona merah.

 

Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Bupati Semarang Nomor 13 Tahun 2021 tanggal 2 Juni 2021 yang menyebutkan, bahwa dalam hal destinasi wisata dan sarana penunjang lainnya termasuk rumah makan yang berada di destinasi wisata, dan tempat wisata di wilayah kecamatan dengan Zona Merah dilarang dan ditutup untuk umum.

Umbul Songo merupakan sebuah wisata alam yang berada di Kabupaten Semarang, kawasan wisata ini cocok bagi para pecinta alam.

Baca juga: Imbas Corona, Taman Nasional Gunung Merbabu Ditutup

Terdapat air terjun yang indah. Letaknya berada di ketinggian 1450 meter di atas permukaan laut (MDPL). Untuk menuju air terjun ini perlu kekuatan fisik yang kuat, karena belum tersedia track yang bagus.

Air terjun Umbul Songo memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Selain itu, air terjum umbul songo juga belum terjamah oleh masyarakat banyak.

Kemudian, air terjun Umbul Songo terletak di kompleks wana kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Air terjun ini diapit oleh Gunung Telomoyo, Andong dan Gunung Merbabu, yang berjarak 54 Km dari Kota Semarang dan berjarak 23 Km dari Kota Magelang.

 ilustrasi

Sayangnya, saat ini Anda belum bisa mengunjungi kawasan wisata alam Umbul Songo ini. Akibat pandemi dan lonjakan COVID-19 di Semarang yang membuat sejumlah destinasi wisata belum siap dibuka kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini