Pesona Sukamade, Pantai Tersembunyi Jadi Sarang Penyu dan Beraroma Mistis

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 408 2423863 pesona-sukamade-pantai-tersembunyi-jadi-sarang-penyu-dan-beraroma-mistis-cu0QO3ZF8j.jpg Pantai Sukamade di Banyuwangi (Wikipedia)

PANTAI Sukamade sudah tak asing lagi bagi traveler pecinta lingkungan. Objek wisata di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini dikenal sebagai sarang penyu.

Daya tarik Pantai Sukamade adalah keelokan alamnya yang begitu memesona. Pasirnya putih dengan laut yang biru menawarkan ketenangan bai wisatawan.

 Baca juga: Deretan Pantai Indah di Banyuwangi, Sunrise of Java

Sukomade pertama kali ditemukan oleh bangsa Belanda pada 1927. Menariknya, pantai ini juga sebagai tempat berkembangbiaknya penyu-penyu. Tak heran, jika wisatawan mancanegara sering berkunjung ke tempat ini.

Di musim hujan, biasanya para induk penyu naik ke daratan untuk bertelur. Selain itu telur-telur penyu pun mulai menetas, dan kemudian berubah wujud jadi tukik (bayi penyu) yang dilepaskan ke laut.

 Ilustrasi

Perjalanan ke Pantai Sukamade harus melewati jalan yang berkelok kelok. Namun ketika sudah sampai di tujuan, rasa lelah Anda akan terbayangkan dengan keindahan pantai ini.

Baca juga:  Pulau Tabuhan, Tempat Instagramable di Ujung Banyuwangi

Oh iya, ketika menuju Sukamade Anda pun akan melewati tempat lainnya yang tak kalah menarik seperti Pantai Rajegwesi dan Teluk Ijo.

Sebagai tambahan, Pantai Sukamade pun tak lepas dari mitos, yaitu disebut-sebut sebagai salah satu kawasan tempat singgahnya Nyi Roro Kidul.

Dan sebagaimana diketahui, Nyi Roro Kidul dikenal sebagai sosok mistik penguasa pantai selatan Pulau Jawa.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini