Menparekraf Resmikan Wisata Adian Nalambok, Spot Indah Nikmati Danau Toba

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 406 2424047 menparekraf-resmikan-wisata-adian-nalambok-spot-indah-nikmati-danau-toba-iAuEpdwMpw.jpg Sandiaga Uno (Foto: Novie/Okezone)

DANAU TOBA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno baru saja meresmikan destinasi wisata Adian Nalambok di kawasan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Di mana pada Februari 2021 lalu, ia meletakkan batu pertamanya sebagai tanda penguatan destinasi wisata di Danau Toba.

Ia mengatakan, destinasi yang direnovasi bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) pada Februari 2021 lalu ini diharapkan dapat menjadi salah satu titik dari travel pattern yang akan disusun untuk mengembangkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas.

"Adian Nalambok ini merupakan salah satu dari 34 titik pemandangan yang nantinya akan menjadi travel pattern dalam berwisata di Danau Toba," kata Sandi dalam keterangan resminya.

Baca Juga:

Vaksinasi COVID-19 Capai 3 Juta Dosis, Sandiaga Optimis Target Pembukaan Pariwisata Bali Tercapai

Work From Bali Dimulai Juli 2021, Sandiaga: Kami Bergerak dengan Data

 

Ia menambahkan, untuk membangun 33 titik pemandangan lainnya, nantinya akan merangkul para perantau-perantau yang berasal dari kawasan sekitar Danau Toba untuk ikut serta berkontribusi dalam pembangunan tersebut.

"Dalam pembangunan ini kita perlu merangkul seluruh pihak, mungkin polanya dapat berupa kerja sama ataupun CSR (Corporate Social Responsibility)," terangnya.

Terletak di punggungan bukit di antara Parapat menuju Balige. Adian Nalambok ini merupakan salah satu spot terbaik melihat Danau Toba dari ketinggian.

Anda yang berkunjung ke tempat ini juga bisa menikmati kopi khas Toba. Di mana diperoleh langsung dari perkebunan warga setempat. Rasanya menjadi semakin nikmat, saat menyeruputnya menghadap Di Danau Toba.

Adanya warung kopi Adian Nalambok yang telah turun kepada generasi kedua itu, menurut Sandi, akan menjadi bagian daya tarik bagi wisatawan. Serta akan ikut dikembangkan dan dikelola lebih baik.

 

Kini spot Adian Nalambok sudah siap untuk menyambut wisatawan yang ingin merasakan wisata, seperti sedang berada di Swiss. Udaranya pun sejuk dan pemandangannya bisa memanjakan mata.

"Mudah-mudahan membawa dampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar dan tentunya pada pariwisata di Danau Toba," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini