Berapa Jumlah Awak Kabin yang Sebenarnya Dibutuhkan Pesawat? Ini Jawabannya

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 406 2424946 berapa-jumlah-awak-kabin-yang-sebenarnya-dibutuhkan-pesawat-ini-jawabannya-EjkNwUbpg3.jpg Pramugari (Foto: Instagram)

LOS ANGELES - Anggota kru penerbangan memainkan peran penting dalam memastikan keselamatan operasional dan penumpang di pesawat komersial. Meskipun sering dianggap remeh tetapi jumlah awak kabin adalah sesuatu yang penting untuk diketahui.

Apalagi ketika pesawat sedang dalam keadaan darurat, maka sangat penting untuk mengingat berapa awak kabin yang ada di dalam pesawat tersebut.

Menurut pedoman yang dirilis oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), dokumen ini tidak memberikan nilai numerik yang ketat.

Baca Juga:

Menhub Sebut Pergerakan Pesawat Naik tapi Maskapai Bilang Sepi

Menhub Sebut Pergerakan Pesawat Semakin Membaik, Sudah di Atas 60%

 

Sebaliknya, maskapai diharuskan untuk menyetujui jumlah awak di setiap pesawat melalui negara operator. ICAO mencatat bahwa rasio anggota awak kabin dengan penumpang dan pintu keluar harus menjadi perhatian utama. Meski demikian, belum ada ketentuan khusus mengenai jumlah awak kabin yang harus ada.

Beberapa regulator lain yang terlibat dalam industri penerbangan, masing-masing memiliki aturan berbeda terkait jumlah awak kabin.

“Jumlah minimum awak kabin harus ditetapkan selama proses sertifikasi setiap pesawat. Sekali lagi, ini terbuka untuk negosiasi berdasarkan sejumlah pertimbangan hukum,” menurut Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA).

Sementara itu, Federasi Administrasi Penerbangan Amerika Serikat (FAA), membuat ketentuan khusus terkait jumlah awak kabin.

Organisasi ini ingin menekankan bahwa jumlah awak kabin yang ditempatkan di pesawat apa pun harus bergantung pada ukuran dan berat pesawat, bersama dengan total kapasitas penumpang yang terlibat. Jumlah ini tergantung pada lama penerbangan, jumlah penumpang, dan masalah utama lainnya.

Berikut aturan yang ditetapkan oleh FAA:

Pesawat dengan kapasitas muatan maksimum lebih dari 7.500 pound, dan kapasitas tempat duduk antara sembilan hingga 51 penumpang, memerlukan satu pramugari.

 

Pesawat yang memiliki kapasitas tempat duduk antara 50 hingga 101 penumpang membutuhkan dua pramugari.

Pesawat dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 100 penumpang memerlukan dua pramugari, ditambah satu pramugari tambahan untuk setiap unit 50 kursi penumpang di atas kapasitas tempat duduk 100 penumpang; yaitu, 150 penumpang akan membutuhkan tiga pramugari, 200 penumpang akan membutuhkan empat pramugari, dll.

Meskipun peraturan ini tidak berlaku secara menyeluruh di semua lokasi, namun peraturan tersebut dapat dianggap sebagai panduan kasar untuk kemungkinan persyaratan pada penerbangan komersial apa pun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini