Sandiaga Uno Ajak Atta Halilintar dan Aurel Promosikan Desa Wisata

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 549 2424900 sandiaga-uno-ajak-atta-halilintar-dan-aurel-promosikan-desa-wisata-MovsEFWMFt.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah (Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Desa Wisata Maria di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya itu, mengajak desa-desa wisata lainnya di Nusa Tenggara Barat serta Indonesia pada umumnya untuk ikut serta di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Baca juga:  Kolaborasi dengan Pemprov Jateng, Sandiaga Targetkan 500 Desa Wisata pada 2023

Mereka menyambangi kunjungan ke Desa Wisata Maria, Kabupaten Bima, pada Minggu 13 Juni 2021.

Sandiaga menilai keberadaan Desa Wisata Maria akan mampu memberikan multiplier effect yang besar bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bima.

 

“Desa Wisata Maria ini mampu memberikan multiplier effect yang mendalam bagi masyarakat. Ini yang kita dorong, serta saya juga menginstruksikan kepada jajaran Kemenparekraf untuk memberikan pendampingan terkait homestay dan perlengkapan kebersihan di sini,” kata Sandiaga dalam keterangan resminya.

Desa Wisata Maria Wawo, Kabupaten Bima, dipilih dalam kegiatan sosialisasi ini karena desa wisata ini terkenal dengan wisata adat budayanya.

Baca juga: Sandiaga Uno Gandeng Cinta Laura Promosikan Desa Wisata Cibuntu

Seperti Uma Lengge yang merupakan bangunan tradisional Suku Mbojo yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.

Selain itu juga atraksi budaya lainya seperti tari sambutan adat Makatua, Tari Wura Bongi Monca, Kareku Kandei (menumbuk padi dengan bunyi berirama), tari Mpa’a Ntumbu Tuta.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena ini adalah situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata. Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,” katanya.

Sementara Atta Halilintar mengaku kagum dengan keindahan alam dan budaya di Bima, Nusa Tenggara Barat. Ia mengajak para fansnya di sosial media untuk mendukung dan mempromosikan potensi pariwisata lain yang ada di Indonesia.

“Ayo support Tourism Indonesia. Semoga pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, khususnya Bima segera bangkit dan pulih, Bismillah,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini