Patung Buddha Terbesar Dipakai Masker, Berharap Pandemi COVID-19 Segera Berakhir

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 406 2426244 patung-buddha-terbesar-dipakai-masker-berharap-pandemi-covid-19-segera-berakhir-i70W2voeKL.jpg Para pekerja memakai masker di patung Buddha raksasa di Fukushima, Jepang (Houkokuji Aizu Betsuin/Reuters)

PATUNG Buddha terbesar di Jepang kini tampil beda. Wajah patung putih yang berdiri di Kuil Houkokuji Aizu Betsuin, Prefektur Fukushima ini sekarang sudah dipakai masker. Aksi ini dilakukan sebagai doa agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

Para pekerja memanjat patung raksasa Dewi Kannon setinggi 57 meter (187 kaki) tersebut, pada Selasa 15 Juni 2021 untuk memasang masker wajah yang dibuat khusus.

Baca juga: 5 Patung Buddha Tidur Punya Indonesia, Nomor 4 Terbesar Ketiga di Dunia

Butuh empat pekerja selama tiga jam untuk memasang masker besar dengan tali ke atas patung tersebut.

Melansir Reuters, Rabu (16/6/2021), masker yang menutup mulut dan hidung patung raksasa tersebut berupa kain merah muda berukuran 4,1 x 5,3 meter dan berat 35 kilogram.

Manajer kuil Takaomi Horigane mengatakan, ide memasang masker pada patung Buddha tersebut muncul bersamaan dengan rencana restorasi patung karena sempat rusak akibat gempa bumi pada Februari.

Masker itu akan terus dipasang sampai kasus COVID-19 di Jepang terkendali.

Baca juga: Eksotisme Sewu, Candi Buddha Terbesar Kedua di Indonesia Setelah Borobudur

Bagian dalam patung yang dibangun 33 tahun lalu itu memiliki ruang untuk menempatkan tangga spiral, sehingga pengunjung bisa menjangkau bagian bahu.

Biasanya warga Jepang mengunjungi patung yang sedang menggendong bayi itu untuk berdoa agar bayi mereka lahir dengan selamat atau meminta keberkatan atas bayi yang baru lahir.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini