Wisata Kuliner di Manado, Menikmati Aneka Es di Warung Legendaris

Subhan Sabu, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 301 2426757 wisata-kuliner-di-manado-menikmati-aneka-es-di-warung-legendaris-hzHgLVbE2l.jpg Es brenebon (pinterest.com)

BANYAK tempat wisata kuliner yang bisa kamu datangi saat liburan ke Manado. Selain tempat ngopi, ada juga warung jadul untuk minum es legendaris di ibu kota Sulawesi Utara.

Salah satu tempat yang hits sejak lama adalah Rumah Es Miangas. Rumah es ini sudah ada sejak 1976 dan merupakan tempat favorit masyarakat Manado sejak dahulu. Letaknya yang berada persis di samping jembatan miangas sehingga tempat ini dinamai rumah es miangas.

Baca juga:  Puncak De Corlano, Destinasi Asyik Menikmati View Teluk Manado dan Bunaken

"Dahulu waktu buka tidak ada nama, kami sendiri tidak tahu mau kasih nama apa, hanya pengunjung yang kasih nama, karena letaknya di samping jembatan orang menyebutnya rumah es miangas," kata Esther selaku pengelola Rumah Es Miangas kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (17/6/2021).

Sebelumnya tempat ini adalah sebuah toko, namun karena lokasinya kurang strategis pada waktu itu sehingga akhirnya ditutup. Kemudian dibukalah rumah es Miangas yang jadi terkenal hingga kini.

ilustrasi

Sejak pertama buka, hanya es brenebon, gohu dan rujak. Hingga kini menu tersebut masih terus dipertahankan dan dicari orang.

Baca juga: 5 Bakso Paling Enak di Jakarta, Udah Pernah Nyoba?

Sekarang berbagai aneka es ada di sini, di antaranya Brenebon avokad durian, brenebon durian, brenebon biasa, brenebon susu, es kacang gula aren susu, es buah biasa, es avokad durian, es jeruk, es cincau biasa, es cincau susu, es buah susu, dan es kacang gula aren biasa. Ada juga kue-kue khas tradisional yang dijual di sini.

"Dari dulu hanya es brenebon, gohu, rujak, kalau kue-kue itu titipan orang untuk dijual disini," ujar Esther generasi kedua penerus usaha keluarga ini.

Rumah es di Manado lumayan banyak. Tetapi selain tempat yang pertama kali berdiri, menu yang dipertahankan sejak dahulu membuat tempat ini tetap tersohor dan memiliki pelanggan fanatik.

"Pelanggan dulu sejak tahun 1976 masih ada hinggi kini, dulukan mereka masih sekolah-sekolah, sampai sekarang mereka masih datang, meski ada yang sudah di jawa, kalau ke manado mereka tetap datang kesini, masih bertahan," tutur Esther.

 ilustrasi

Salah seorang pengunjung bernama Milkat mengaku sejak masih SMP sering datang ke rumah es miangas dan sudah menjadi pelanggan tetap

"Esnya sedap, kami selalu datang minun di sini, rasanya beda dengan tempat lain, punya ciri khas tersendiri," ujar Milkat

Meski tempatnya kecil, tapi rumah es ini selalu ramai pengunjung. Bangunannya pun dari dulu sampai sekarang tidak pernah mengalami perubahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini