Kapten Vincent Jelaskan Turbulensi Pesawat dan Penyebabnya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 406 2426548 kapten-vincent-jelaskan-turbulensi-pesawat-dan-penyebabnya-dXlIPB9Xo4.jpg Vincent Raditya

VINCENT Raditya atau yang dikenal sebagai Kapten Vincent merupakan pilot yang aktif membuat konten mengenai dunia aviasi. Kali ini Captain Vincent membuat video yang menjelaskan tentang turbulence atau turbulensi.

Ia menjelaskan bahwa turbulensi tidak hanya terjadi pada udara, tapi juga dapat terjadi pada air dan cairan lainnya. Dalam dunia aviasi, turbulensi berarti perubahan aliran udara secara tiba-tiba.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Penjelasan Sistem Oksigen Pesawat oleh Kapten Vincent

Captain Vincent pun menjelaskan jenis-jenis turbulensi, yang pertama ada mechanical turbulence yang biasanya terjadi di dekat gedung-gedung atau pegunungan. Mechanical turbulence tersebut disebabkan oleh gesekan permukaan.

Kemudian Vincent menjelaskan thermal turbulence yang disebabkan oleh pemanasan permukaan bumi yang tidak merata. Misalnya pada saat matahari tertutup oleh awan.

Selanjutnya ada clear air turbulence yang sering diasosiasikan dengan jet stream. Jet stream adalah arus udara yang mengalir cepat, sempit, dan berkelok-kelok di atmosfer. Vincent pun mengungkapkan bahwa clear air turbulence tersebut dapat membahayakan dalam situasi tertentu.

ilustrasi

Lalu ada wake turbulence yaitu gangguan di atmosfer yang terbentuk di belakang pesawat saat melewati udara. Turbulensi ini juga dapat membahayakan pesawat. Perubahan arah angin yang sangat cepat pun juga dapat menciptakan turbulensi.

Baca juga: Kapten Vincent Ceritakan ke Robby Purba Ritualnya Sebelum Terbangkan Pesawat

Meskipun begitu, rupanya pesawat komersil yang digunakan di seluruh dunia sudah didesain supaya dapat mengudara dengan aman meskipun menghadapi turbulensi.

“Saya bisa katakan secara pasti bahwa pesawat komersil yang ada saat ini bisa dikatakan sangat aman dan chance terjadinya kecelakaan pesawat dikarenakan turbulence cukup kecil” tutur Vincent.

Yuk simak penjelasan lengkap dari Captain Vincent hanya di YouTube channel Vincent Raditya!

https://www.youtube.com/watch?v=Yx8z6Jpb0Cg

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini