Lihat Anak Kecil Hampir Tenggelam, Wanita Ini Berikan Peringatan pada Orangtua

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 406 2426650 lihat-anak-kecil-hampir-tenggelam-wanita-ini-berikan-peringatan-pada-orangtua-UFr8of0bxL.jpg Ilustrasi Pantai (Foto: The Mirror)

LOS ANGELES - Seorang ibu memberikan peringatan setelah seorang balita hampir tenggelam di depannya di pantai.

Charlie Reynolds, dari Surrey, melihat seorang balita bermain-main di lubang kecil di pasir saat dia tengah menghanduki kepala putrinya. Anak itu kemudian terlihat tertatih-tatih dan jatuh ke dalam air di Pantai Summerleaze di Bude, Cornwall, kata wanita itu.

Setelah beberapa detik, anak itu mulai terbaring tidak bergerak dan hanya mengepakkan tangannya pelan berharap diselamatkan. Namun menurut Cornwall live, baik pengunjung pantai atau orang tua anak tersebut senduru pun tidak melakukan apa-apa.

“Dia berbaring telentang, tangannya sedikit berputar dan kakinya mengepak. Tidak ada yang dramatis. Hanya tenggelam secara perlahan di depan mata mereka,” kata Charlie seperti dilansir The Mirror.

Baca Juga:

Yuk Melipir ke Pantai Sukamade, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Mengejutkan, Pantai Terkenal Ini Dijual Seharga Rp25 Ribu

“Saat saya mulai menerjang air untuk mengambilnya, ibunya menyadari bahwa dia dalam masalah dan ikut masuk juga,” tambahnya.

Tetapi pada saat anak itu diselamatkan, dia sudah terlanjur menelan air. Ia kemudian kembali bertemu dengan orang tuanya dan tampak terguncang serta ketakutan. Bocah laki-laki itu terbatuk dan orang tuanya memastikan dia agar tetap tenang.

Charlie sekarang memperingatkan para orang tua karena dia khawatir insiden seperti itu bisa berefek jauh lebih buruk.

“Anak-anak seusia ini tidak memiliki refleks untuk menggerakkan kepala mereka ke samping atau mendorong diri mereka sendiri ke atas. Dan meskipun Anda dilahirkan dengan refleks untuk menahan napas, kecuali jika mereka melakukan latihan renang untuk memanfaatkan potensi itu, hal itu akan terlupakan (saat tenggelam),” jelas Charlie.

“Kepala balita tidak proporsional dan leher mereka pendek, juga tidak terlalu kuat. Bahkan jika mereka mencoba, mereka tidak serta merta dapat mengangkat leher mereka dengan jelas. Dalam hal ini, dia tidak menurunkan tangannya atau berlutut. Seorang balita bisa tenggelam dalam dua inci air. Bukan karena mereka telah menjatuhkan diri mereka sendiri. Mereka hanya berbaring di sana dan menunggu,” Charlie melanjutkan.

Ms Reynolds telah melakukan pelatihan bertahan hidup dengan putrinya. Ia mengatakan balita dapat mengambil air dengan cepat karena mereka tidak menyadari apa yang terjadi. Dalam pelatihan, dia mengatakan putrinya secara naluriah menundukkan kepalanya ketika dimasukkan ke dalam air untuk pertama kalinya.

Dia menambahkan: “Dibutuhkan lebih sedikit waktu daripada anak itu di dalam air untuk seorang balita tenggelam. Saya sama sekali tidak menyalahkan orang tua karena meremehkan kedalaman air, tetapi orang tua perlu tahu."

Dia juga mengatakan bahwa bahkan ketika seorang anak bersih dari air, orang tua harus selalu pergi ke dokter.

“Setelah wajahnya berada di dalam air begitu lama, tenggelam sekunder jarang terjadi, tetapi itu berisiko,” katanya. “Ini bisa memakan waktu hingga 72 jam, dengan cedera perendaman, pasir, dan serpihan lain di jalan napas. Saya seharusnya lebih tegas dengan orang tua. Ayahnya sepertinya hanya mengira anaknya jatuh ke air.”

 

Sepengetahuannya, anak di pantai itu baik-baik saja tetapi dia merasa tidak nyaman dengan banyaknya orang di sana yang hanya mengharapkan orang lain untuk membantunya.

Dalam posting Facebook tentang insiden itu, dia menambahkan pemikiran terakhir: “Kebanyakan tenggelam terjadi ketika orang lain melihat.”

“Semua orang melihat, tetapi tidak ada yang memperhatikan. Semua orang menganggap orang lain sedang waspada, tetapi sebenarnya tidak ada yang waspada. Atau, lebih buruk lagi, seseorang memperhatikan tetapi tidak ingin mengganggu atau terlihat seperti orang bodoh dengan melompat ke dalam air seperti yang saya lakukan hari ini.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini