Bunga Bangkai Raksasa Mekar, Ribuan Warga Rela Antre Berjam-Jam untuk Melihatnya

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 406 2427631 bunga-bangkai-raksasa-mekar-ribuan-warga-rela-antre-berjam-jam-untuk-melihatnya-un1omAXfWU.jpg Bunga bangkai mekar di Kebun Raya Universitas Warsawa, Polandia (New York Post)

BUNGA bangkai raksasa atau Sumatran titan arum termasuk tumbuhan yang terancam punah. Namun di Warsawa, Polandia, bunga berbau busuk itu akhirnya mekar, meskipun dalam waktu singkat. Kelangkaannya lantas membuat banyak orang rela menunggu berjam-jam untuk menyaksikannya.

Baca juga: Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Desa Ini, Jadi Wisata Edukasi

Bunga yang luar biasa, yang mengeluarkan bau mayat untuk menarik serangga penyerbuk pemakan daging, mekar pada Minggu 13 Juni 2021 dan kembali layu pada Senin pagi.

Mereka yang penasaran tapi tidak mau mencium bau atau ada dalam keramaian bisa menontonnya melalui video yang diunggah oleh Kebun Raya Universitas Warsawa.

Melansir New York Post, Sabtu (19/6/2021), ratusan bahkan ribuan orang mengantre pada Minggu malam hingga Senin pagi di konservatori demi tidak tertinggal momen langka dari mekarnya bunga bangkai dan mengabadikannya dengan kamera masing-masing.

Dikenal juga sebagai Amorphophallus titanum, tanaman berbunga ini memiliki perbungaan tak bercabang terbesar di dunia. Tingginya bisa mencapai 10 kaki atau sekitar 3 meter.

Baca juga: Wisatawan Sudah Divaksinasi COVID-19 Bebas Karantina Masuk Polandia

Bunga majemuknya terdiri dari spadix tinggi berongga dengan bunga kecil dan spathe, dengan satu kelopak besar berkerut yang berwarna hijau di bagian luar dan merah burgundy tua di bagian dalam.

Mekarnya bunga ini tidak bisa diprediksi dan tergolong sangat langka.

Tempat hidup aslinya adalah di alam liar di hutan hujan Sumatera. Sayangnya, bunga bangkai terancam punah di sana karena deforestasi. Budidaya di kebun raya, di mana menjadikan mereka daya tarik pengunjung yang besar telah sekaligus membantu pelestariannya.

Ilustrasi

Tercatat pada tahun 1889, bunga berbau busuk ini pernah mekar di Royal Botanical Gardens London di Kew.

Kebun Raya Universitas Warsawa adalah salah satu yang beruntung karena menjadi tempat mekarnya bunga bangkai, setelah 132 tahun tidak pernah mekar di luar habitat aslinya di Sumatera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini