4 Tempat Wisata Unik di Surabaya, Rasakan Suasana Berbeda

Gracella Kezia, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 408 2427647 4-tempat-wisata-unik-di-surabaya-rasakan-suasana-berbeda-TDhkJjdFTR.jpg The Colosseum Surabaya (Twitter @dewahoya)

SURABAYA kaya akan objek wisata. Mulai dari taman, masjid, situs sejarah, tugu, spot kuliner, hingga tempat-tempat instagramable. Kota Pahlawan juga memiliki tempat wisata unik lho.

Wisata unik jadi pilihan bagi orang-orang yang ingin menikmati hal berbeda. Misalnya ingin menguji nyali di tempat bersejarah, maka Surabaya punya Penjara Kalisosok yang terkenal angker. Lalu ada bangunan serupa Colosseum seperti di kota Roma, Italia.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Romantis di Surabaya, Bikin Kencan Makin Berkesan

Berikut deretan spot wisata unik di Surabaya : 

The Colosseum Surabaya

Tak perlu jauh-jauh ke Roma untuk melihat Colosseum. Surabaya juga ada. Namanya Colosseum Club House. Bangunan dengan model arsitektur bergaya Romawi persisi yang ada di Roma ini salah satu spot unik yang berada di daerah Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya.

Wisatawan bisa berfoto-foto di sini dengan suasana ala-ala Eropa zaman dulu. Tidak hanya tempat berswafoto saja, di sini juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti lapangan basket dan lapangan tenis. Jika anda lapar, tidak perlu khawatir, di sekitar Colosseum Surabaya juga menjual makanan khas Surabaya. 

Penjara Kalisosok

Walau terdengar seram, Penjara Kalisosok sudah cukup lama tidak digunakan untuk tahanan dan ini situs sejarah tersebut berdiri sebagai bangunan tua peninggalan zaman Belanda.

Baca juga: 5 Spot Wisata Instagramable di Surabaya, yang Mana Favoritmu?

Penjara yang dibangun pada tahun 1808 oleh Gubernur Hindia Belanda Herman Willem Deandels,kini telah menjadi bangunan tua biasa yang menjadi kota tua dan menjadi salah satu spot foto unik di Kota Pahlawan ini. Lokasi ini juga dianggap angker oleh sebagian orang. 

Ilustrasi

Penjara Kalisosok (Foto Okezone.com)

Kalisosok berasal dari nama sebuah daerah di Surabaya Utara, tepatnya berada di sebelah utara Jalan Rajawali. Bagian pintu masuk penjara Kalisosok terlihat masih sangat kuat. Di atasnya terdapat ruang kantor para sipir penjara.

Penjara Kalisosok berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektar. Banyak tokoh perjuagan yang dipenjara di Kalisosok di antaranya WR Supratman dan Kiai Haji Mas Mansur serta HOS Tjokroaminoto.

Kampung Bulak

Kampung Bulak merupakan rumah unik yang di cat dengan aneka macam warna layaknya pelangi lho.

Kampung Bulak ini memiliki sejumlah bangunan warna-warni yang menarik mata. Selain di cat, beberapa tembok rumah warga juga dilukis dengan berbagai gambar menarik yang semakin memanjakan mata ketika melihatnya.

Ilustrasi

Kampung Bulak berada di Kelurahan Bulak, dekat Pantai Kenjeran Lama di Jalan Raya Pantai Lama Nomor 12, Kenjeran, Bulak.

Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti berada di Jalan Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur ini tingginya mencapai 58 meter dan berdiameter 60 meter. Konstruksinya terbuat dari baja serta duplikat dari Temple Of Heaven (Tian Tan) yang ada di Beijing.

Jadi, jangan heran kalau bentuknya hampir mirip mulai dari warna, ornamen, aksesoris hingga ukiran-ukiran naga yang dibuat sama persis dengan aslinya.

Namun, ruangan di dalam pagoda ternyata dibiarkan kosong tanpa ornamen maupun aksesories agama tertentu. Tujuannya supaya semua orang dengan latar belakang etnis, suku maupun agama yang berbeda bisa menikmati keindahan Pagoda Tian Ti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini