Berencana Liburan? Ini Cara Aman Naik Pesawat saat Pandemi

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 406 2428101 berencana-liburan-ini-cara-aman-naik-pesawat-saat-pandemi-79fceUQeUo.jpg Mister Aladin

PANDEMI Covid-19 berdampak cukup serius bagi dunia penerbangan di Indonesia. Salah satu yang terlihat jelas adalah anjloknya jumlah penumpang domestik.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah penumpang domestik pada Maret 2021 hanya 2,6 juta orang, atau turun 42,3 persen dibandingkan Maret tahun lalu.

Rendahnya jumlah penumpang pesawat ini memang tak bisa dihindarkan. Selain karena sebagian besar warga masih khawatir melakukan perjalanan jauh, juga masih diberlakukannya pembatasan mobilitas warga untuk mencegah penularan Covid-19.

Meski begitu, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan pesawat, Anda harus bisa mencari cara yang aman untuk perjalanan Anda. Salah satunya adalah mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak), baik dalam perjalanan atau pun tidak.

Jerry Andrean, Juara MasterChef Indonesia Season 7 menceritakan pengalaman bepergian dengan pesawat udara di masa pandemi. Selain sering reschedule sehingga harus mengantisipasi dan mengatur ulang jadwal kegiatan, dia juga harus merencanakan dengan baik dan detail waktu keberangkatan, serta menyiapkan diri untuk sejumlah prosedur yang harus menjadi kebiasaan baru.

"Waktu itu aku harus ke klinik dulu buat tes rapid H-1 sebelum keberangkatan. Saat ke bandara memang lebih ketat penjaganya dalam menerapkan protokol kesehatan. Kita harus memakai masker dan atur jarak. Agak ribet si memang, tapi karena lagi seperti ini, jadi kita takut ya kenapa-kenapa. Jadi kita ikuti aja peraturannya gitu," tutur Jerry kepada MNC Portal, Selasa (15/6/2021).

Dihubungi terpisah, presenter Augie Fantinus mengaku kangen naik pesawat. “Jujur sih, terakhir itu enam bulan lalu ke Surabaya. Saya kangen naik pesawat,” katanya.

Pemain sinetron ini mengatakan, protokol kesehatan harus diterapkan selama pandemi.

“Saya harus menjalani tes PCR terlebih dahulu sesuai prosedur program kesehatan. Saya pilih pesawat yang ada sosial distancing-nya 50 persen, bawa disinfektan sendiri, dan hand sanitizer. Saya tidak lepas masker selama penerbangan, kecuali makan,” ucapnya.

Dalam waktu dua pekan lagi, Augie berencana ke Bali untuk liburan.

“Saya mau liburan bersama anak dan istri. Kalau rasa khawatir bawa anak, paling tetap harus jaga protokol, ikuti program kesehatan yang ada, sama-sama saling jaga jarak, pakai masker, tetap minum vitamin biar imun tubuh kuat. Jangan lupa olahraga yang cukup dan sebisa mungkin cari tempat yang jauh dari keramaian, tapi tetap bisa rileks,” tuturnya.

Buat Anda yang juga merencanakan perjalanan menggunakan maskapai penerbangan, berikut tips yang bisa diikuti.

1. Bikin Rencana Perjalanan

Anda bisa merencanakan tempat tinggal, tempat tujuan, kegiatan dan moda transportasi yang akan dipilih. Anda harus memastikan semuanya aman. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa menerapkan protokol kesehatan selama di perjalanan.

2. Pilih Maskapai Penerbangan

Cari tahu apakah maskapai penerbangan yang Anda minati memberikan ruang kosong kepada penumpang atau tidak. Jika tidak, pilih maskapai lain yang masih memberlakukan jaga jarak antarkursi penumpang.

3. Boarding saat Terakhir

Momen saat Anda boarding ke dalam pesawat, bisa jadi salah satu situasi yang menimbulkan kerumunan. Usahakan untuk boarding di akhir waktu agar Anda terbebas dari antrean.

Bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan pesawat, ada baiknya untuk memesan tiket pesawat pada Rabu karena ada promo Rabu Pasti Seru di Mister Aladin.

“Ini adalah bentuk kerja sama antara Mister Aladin dengan bank partner kita, digibank. Melalui promo Rabu Pasti Seru ini diharapkan bagi para pengguna kartu kredit digibank bisa memanfaatkan diskon tiket pesawat yang ditawarkan tiap hari Rabu,” kata Head of Partnership Mister Aladin William Reinhard pada Rabu (9/6/2021).

Melalui promo Rabu Pasti Seru di Mister Aladin, pengguna kartu kredit digibank bisa menikmati diskon hingga Rp400.000. Potongan harga tersebut bisa dinikmati untuk memesan tiket pesawat domestik di seluruh Indonesia. Promo ini bisa dinikmati setiap Rabu hingga 30 Juni 2021.

Informasi lebih lanjut mengenai promo Rabu Pasti Seru bisa Anda temukan di halaman berikut https://rebrand.ly/bDBSSeruOkeZone . Anda juga dapat mengikuti media sosial Mister Aladin di Facebook (@MisterAladin), Instagram (@misteraladin), Twitter (@misteraladinid), dan TikTok (@misteraladin.id) untuk informasi promo lainnya dari Mister Aladin.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini