Tren Wisata Berubah di Masa Pandemi, Ini Aktivitas Paling Digemari

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 406 2428402 tren-wisata-berubah-di-masa-pandemi-ini-aktivitas-paling-digemari-QWC86qBWH2.jpg Alam Bawah Laut (Foto: Instagram)

JAKARTA - Tren wisata tak dipungkiri berubah semenjak pandemi virus corona berlangsung kurang lebih satu tahun di Indonesia. Hal tersebut juga diakui oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan selama masa pandemi masyarakat lebih mengedepankan wisata yang aman dan pribadi. Disisi lain, salah satu aplikasi travel atau Online Travel Agent (OTA), tiket.com pun melihat kecenderungan yang sama.

Menurut Area Manager East Indonesia aplikasi tersebut, Rajasa Hadisoemarto tren staycation atau tinggal di hotel dan homestay masih meningkat sepanjang kuartal kedua 2021.

Baca Juga:

 Yuk Melipir ke Pantai Sukamade, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Airlangga Tegaskan Kapasitas Tempat Wisata Hanya 50%

"Kalau tren staycation itu paling keliatan daerah Jawa, Surabaya, Batu, Malang, baru Bali. Naiknya itu semenjak kuartal 4 tahun lalu," kata Rajasa saat ditemui di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/6/2021).

"Januari sampai Februari sempat turun dikit karena pembatasan, sekarang naik lagi," imbuh.

Bukan hanya itu, Danny Wilson Perjai selaku Market Manager Tour & Attraction menilai penjualan tiket atraksi juga meningkat selama pandemi. Kemungkinan banyak orang yang memilih berwisata namun tak terlalu jauh dari tempat tinggalnya.

"Kalau di kota besar seperti Jakarta itu tiket Dufan dan Taman Safari paling banyak diminati. Bali dan Surabaya pun begitu, Taman Safari diminati," katanya.

Danny juga menambahkan selama pandemi banyak pengguna yang lebih memilih aktivitas luar ruangan seperti bersepeda. Menariknya beberapa daerah juga menawarkan tur bersepeda seperti halnya di Tegallalang Bali.

 

Di sana pengunjung bisa mendapatkan pengalaman bersepeda dengan menikmati pemandangan yang indah.

"Kalau tren lain aktivitas olahraga air juga cukup diminati seperti jet ski, snorkeling, dan banana boat," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini