HUT Ke-494 Jakarta, Yuk Kenali 2 Jenis Ondel-Ondel Betawi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 406 2429165 hut-ke-494-jakarta-yuk-kenali-2-jenis-ondel-ondel-betawi-pf8UZic5nv.jpeg Ondel-ondel (Okezone.com/Arif)

JAKARTA genap berusia 494 tahun, pada Selasa (22/6/2021). Bicara tentang Jakarta, tak lepas dari kekayaan budaya Betawi. Salah satunya yang ikonik adalah kesenian ondel-ondel.

Ondel-ondel kerap tampil di hajatan adat, gelaran budaya maupun pesta rakyat Betawi. Boneka besar ini juga dijadikan sebagai ikon budaya Jakarta.

Baca juga:  6 Fakta Menarik Jakarta, 15 Kali Ganti Nama hingga Jadi Kota Termahal di Dunia

Ondel-ondel yang dibuat dari anyaman bambu dan topeng, dulu diperuntukkan untuk penolak bala atau kesialan.

Nah, berdasarkan data yang dihimpun MNC Portal Indonesia, ondel-ondel ada dua jenis berdasarkan jenis kelamin yakni laki-laki dan perempuan. Berikut ulasannya :

1. Ondel-Ondel Perempuan

Di urutan pertama ini ada jenis ondel-ondel perempuan. Ondel-ondel ini dibuat berwarna putih, yang menandakan kebaikan dan kesucian. Warna ondel-ondel perempuan, biasanya didominasi warna putih dan cerah karena melambangkan sifat keibuan yang lembut.

 ilustrasi

Ondel-ondel perempuan (Foto Okezone)

Ondel-ondel perempuan juga biasanya bermata hitam sayu, alis hitam melengkung, bulu mata lentik, bibir merah, telinga bergiwang atau beranting dan menggunakan mahkota. Sementara itu, pakaian yang digunakan cenderung berwarna cerah polos atau bermotif kembang-kembang.

2. Ondel-Ondel Laki-Laki

Selanjutnya, ondel-ondel dengan jenis laki-laki. Berbeda dengan yang perempuan, ondel-ondel ini dibuat berwarna merah yang menandakan semangat dan keberanian. Ondel-ondel ini menggunakan baju adat dengan warna gelap.

Baca juga:  Jakarta Ulang Tahun, Yuk Kenali Filosofi Roti Buaya Hidangan Ikonik Betawi

Warna dominan dari ondel-ondel ini memang adalah warna gelap. Hal tersebut senada dengan tujuan awal dibuatnya ondel-ondel, yaitu sebagai pengusir roh jahat.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini