CDC Longgarkan Peringatan COVID-19 untuk Turis Kapal Pesiar

Gracella Kezia, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 406 2429231 cdc-longgarkan-peringatan-covid-19-untuk-turis-kapal-pesiar-vhhZhzccdL.jpg Ilustrasi Kapal Pesiar (Foto: Foxnews)

LOS ANGELES - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sedikit melonggarkan panduan tingkat risiko untuk penumpang kapal pesiar.

CDC menurunkan tingkat risiko untuk perjalanan kapal pesiar selama pandemi dari level 4 "Sangat Tinggi," atau tidak aman untuk bepergian, ke level 3 "Tinggi" untuk penumpang yang tidak divaksinasi setelah lebih dari setahun saat pelayaran yang akan datang dilanjutkan.

"Karena virus menyebar lebih mudah ketika orang-orang berada dalam jarak dekat di atas kapal, kemungkinan tertular COVID-19 di kapal pesiar pun menjadi tinggi," kata peringatan CDC yang telah diperbarui.

 

Baca Juga:

Kapal Pesiar Bertema "Friends" Ini Siap Berlayar

Kokain 31,5 Kg Ditemukan di Kapal Pesiar

Mereka mendesak yang belum sepenuhnya divaksinasi bahwa ada "peningkatan risiko tertularnya penyakit parah" serta untuk menghindari naik kapal pesiar dan kapal pesiar sungai.

Dilansir dari Foxnews, CDC mengatakan mereka yang memutuskan untuk pergi berlayar harus dites COVID-19 satu hingga tiga hari sebelum perjalanan yang dijadwalkan dan tiga hingga lima hari setelah perjalanan.

Penumpang yang tidak sepenuhnya divaksinasi juga disarankan untuk melakukan karantina sendiri selama seminggu setelah pelayaran, bahkan jika hasil tesnya negatif, menurut pedoman CDC, yang juga menyarankan karantina selama 10 hari setelah perjalanan pelayaran jika wisatawan yang belum di vaksinasi penuh tidak melakukan tes COVID-19.

 

Pedoman CDC mengatakan operator kapal pesiar dapat berlayar untuk musim dari pelabuhan AS jika 98% anggota awak dan 95% wisatawan di atas kapal divaksinasi sepenuhnya.

Berita tentang peringatan tingkat risiko yang lebih rendah muncul setelah Royal Caribbean mengumumkan penundaan pelayaran kapal pesiar Odyssey of the Seas "karena sangat berhati-hati" setelah delapan anggota awak menerima hasil tes positif untuk COVID-19.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini