HUT Ke-494 Jakarta, Ini 4 Wisata Sejarah Paling Ikonik di Ibu Kota

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 408 2429053 hut-ke-494-jakarta-ini-4-wisata-sejarah-paling-ikonik-di-ibu-kota-Hl1VfH70sQ.jpg Kali Besar Kota Tua Jakarta (myeatandtravelstory.wordpress.com)

JAKARTA berulang tahun ke 494 hari ini, Selasa (22/6/2021). Kota metropolitan yang terkenal padat ini memiliki beberapa spot wisata sejarah yang menarik.

Wisata sejarah di Jakarta tak hanya bisa dijadika beberapa untuk berfoto saja. Anda juga bisa sekaligus mempelajari sejarah Indonesia, khususnya Jakarta.

 Baca juga: 6 Fakta Menarik Jakarta, 15 Kali Ganti Nama hingga Jadi Kota Termahal di Dunia

Nah, berikut empat wisata sejarah di Jakarta seperti ikutip dari berbagai sumber.

Monas

Monumen Nasional (Monas), menjadi ikon Indonesia yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat Daerah Khusus IbuKota Jakarta.Bukan hanya dijadikan situs bersejarah mengenang perjuangan Indonesia, dalam kemerdekaan. Tempat ini juga dijadikan tempat wisata sejarah, bisa Anda kunjungi lho.

 ilustrasi

Monas (Okezone.com/Dede)

Pembangunan Monas dimulai pada 17 Agustus 1961, di bawah perintah presiden Soekarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Tunggu berbentuk api membara ini melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

 

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta jadi spot menarik bagi wisatawan. Di sini Anda akan mendapatkan berbagai spot menarik, di mana bangunan-bangunan tua bersejarah.

Baca juga:  Deretan Tempat Wisata Viral di Jakarta, Sudah Pernah Kesana?

Lokasinya berada di kawasan Jakarta Barat. Selain spot bangunan tua yang menarik dan ikonik, Anda juga bisa menemukan berbagai kuliner lezat seperti kerak telor, kue pancong, ketoprak, dan jajanan lainnya.

Museum Fatahillah

 

Kemudian ada Museum Fatahillah atau dengan nama lain Museum Sejarah Jakarta. Lokasinya berada di kawasan Kota Tua Jakarya, jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat.

Luas daro Museum Fatahillah luasnya lebih dari 1.300 meter persegi. Dulunya museum ini adalah Balai Kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jenderal Joan Van Hoorn.

 ilustrasi

Museum Fathahillah (Okezone)

Jika diperhatikan bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam. Terdiri dari bangunan utama dengan dua sayap di bagian timurdan barat, serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Pada 30 Maret 1974, bangunan ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Museum Bank Indonesia

Masih berada di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya berada di jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat.

Bangunan ini termasuk ke dalam cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang beraliran neo-klasikal, dipadu dengan pengaruh lokal, dan dibangun pertama kali pada 1828.

 ilustrasi

Kota Tua Jakarta (Okezone.com/Fahreza)

Di dalam museum ini, Anda akan mendapatkan berbagai informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa.

Dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara, hingga terbentuknya Bank Indonesia pada 1953 dan kebijakan-kebijakannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini