5 Kuliner Khas Daerah yang Mudah Ditemui di Jakarta, Mie Aceh hingga Bebek Madura

Indah Salsabillah, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 301 2429477 5-kuliner-khas-daerah-yang-mudah-ditemui-di-jakarta-mie-aceh-hingga-bebek-madura-jVskUW5ysb.jpg Mie Aceh (Instagram @berbagiresep)

INDONESIA terkenal dengan kekayaan alam dan kulinernya. Setiap provinsi di Nusantara ini memiliki makanan khas atau kuliner tradisional masing-masing.

Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia tentu saja punya banyak pusat kuliner yang menyediakan makanan-makanan khas tiap daerah di Nusantara. Jadi bila Anda ingin merasakan kuliner khas daerah dan tak bisa berkunjung ke daerah tersebut, maka bisa menyantapnya di Jakarta lho.

Baca juga: Wisata Kuliner di Bekasi, 5 Makanan Khas Ini Patut Dicoba

Kira-kira apa saja ya kuliner khas daerah yang mudah ditemui di Jakarta? Berikut rangkumannya :

1. Mie Aceh

Mie Aceh sangat mudah ditemui di Jabodetabek. Ada begitu banyak warung Aceh yang menyediakan makanan khas dari Bumi Serambi Makkah ini. Rasanya yang lezat, gurih dan pedas membuatnya disukai banyak kalangan.

 

Bahan utamanya adalah mi yang diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh. Bisa juga ditambah telur atau irisan daging, udang, kepiting bahkan lobster.

Baca juga:  Deretan Kuliner Tradisional Populer Khas Kota-Kota di Pulau Jawa

Mie aceh tersedia dalam tiga jenis yaitu goreng, rebus dan tumis atau dalam istilah Aceh disebut mi setengah basah.

2. Rendang khas Sumatera Barat

Padang terkenal dengan kuliner, salah satunya adalah rendangnya yang sudah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Rendang terbuat dari rempah-rempah sehingga rasanya nendang banget.

 ilustrasi

Rendang (Noshonit)

Rendang juga sangat mudah ditemui di Jakarta dan sekitarnya, karena tersedia di semua warung nasi Padang yang bertabur di mana-mana.

3. Gudeg Yogyakarta

Gudeg merupakan makanan tradisional Yogyakarta. Gudeg berbahan dasar nangka muda yang dipotong-potong kemudian dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan santan. Proses pembuatannya pun bisa memakan waktu berjam-jam.

 ilustrasi

Gudeg biasanya dipadukan dengan nasi hangat dan tambahan sambel. Gudeg biasanya dicampur dengan tahu, telur rebus dan lain-lain.

Kalau mau makan gudeg, tak usah jauh-jauh ke Yogya, karena di Jakarta juga sudah banyak yang jual.

4. Pempek  Palembang

Palembang terkenal dengan pempek. Kuliner berbahan dasar ikan yang diolah dengan tepung ini biasanya disajikan dengan kuah cuko yang kental. Cuko terbuat dari air yang didihkan kemudian ditambahkan gula merah, udang ebi, cabe rawit, bawang putih dan garam.

 ilustrasi

Di jakarta sudah banyak sekali warung pempek terkenal yang dapat kamu sambangi. Pempek juga banyak dijual di gerobak-gerobak di kaki lima dengan harga murah, tapi rasanya tak kalah dengan restoran.

5. Tempe Mendoan Jawa Tengah

Makanan yang sudah lama terkenal ini adalah tempe mendoan. Tempe mendoan berasal dari Banyumas.

Dari namanya pasti sudah bisa ditebak kan makanan yang satu ini berbahan apa. Tempe mendoan merupakan sebuah makanan yang dibuat dari tempe yang berukuran besar kemudian dilumuri dengan tepung yang sudah bercampur dengan bumbu khas tempe mendoan.

 ilustrasi

6. Nasi Bebek Madura

Nasi bebek Madura juga mudah ditemui di Jabodetabek. Penjualnya bukan hanya di warung, tapi juga banyak di pinggir jalan terutama pada malam hari. Kuliner khas Madura ini disukai banyak kalangan, terutama karena bumbu bebeknya yang enak banget bahkan bisa bikin ketagihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini