Share

Batu Belah, Surga Wisata Alam Tersembunyi di Sumut

Said Ilham, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 07:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 408 2429435 batu-belah-surga-wisata-alam-tersembunyi-di-sumut-3mNLJaoAe2.jpg Wisata Batu Belah di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara (Foto Instagram @dendyharun)

BICARA soal keindahan alam Sumatera Utara tak pernah ada habisnya, banyak kawasan wisata alam di daerah bahkan ada yang jarang diketahui publik. Salah satunya adalah Batu Belah di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Selain menikmati hutan belantara tropis, di objek wisata alam ini terdapat sungai dan air terjun yang sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing, menyegarkan pikiran.

Baca juga: Pesona Puncak Kai Santi, Destinasi Wisata Alam Menakjubkan di Tomohon

Batu Belah berjarak 50 kilometer dari kota Medan. Untuk menuju objek wisata ini, pengunjung harus melalui hutan belantara yang pintu masuknya dari kawasan perkemahan Sibolangit. Jarak tempuh ke Batu Belah sekitar 30 menit atau 1 kilometer.

Keunikan Batu Belah tidak terlepas dari keberadaan dinding batu setinggi sekitar 9 meter dengan ditumbuhi lumut hijau khas hutan tropis.

Objek wisata ini dinamakan Batu Belah karena untuk menuju ke sungai dan air terjun di sana, pengunjung harus melewati celah batu atau dinding batu setinggi 9 meter yang sempit dan cukup untuk satu orang saja melewatinya.

Batu Belah punya aliran sungai yang cukup tenang dan airnya jernih. Kemudian ada air terjun setinggi 3 meter. Pengunjung yang bernyali bisa melompat dari bebatuan di atas air terjun tersebut ke sungai.

Baca juga: Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Desa Ini, Jadi Wisata Edukasi

Batu Belah memang belum begitu populer, sehingga keasriannya masih sangat terjaga. Udaranya yang sejuk dan panorama alam indah di hutan belantara, membuat pengunjung betah berlama-lama.

Untuk memasuki Batu Belah, pengunjung hanya dikutip retribusi Rp4.000 per orang. Bagi yang ingin menginap, pengelola juga menyediakan tenda-tenda camping untuk dipasang di lokasi wisata alam ini.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini