Uniknya Kampung 3D di Malang, dari Lukisan hingga Jembatan

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 408 2429743 uniknya-kampung-3d-di-malang-dari-lukisan-hingga-jembatan-14yvN9H1ih.jpg Kampung 3D (Foto: Bosnia net)

MALANG - Kampung 3D atau lebih dikenal dengan Tridi adalah destinasi wisata hits dan kekinian yang ada di kota Malang. Lokasinya yang berada di Kelurahan Kesatrian Kota Malang, tidak jauh dari kampung Jodipan yang ada diseberang sungai.

Letaknya masih di dalam kota, hanya sekitar satu kilo meter dari alun-alun Kota Malang. Kira-kira ada apa aja sih di kampung Tridi? Berikut ulasannya yang Okezone rangkum dari berbagai sumber.

1. Lukisan 3D Instagramable

Bagi anda warga Malang dan sekitarnya yang ingin foto-fotonya nampak cantik di media sosial, anda wajib mengunjungi Kampung Tridi ini. Ya, kampung ini menyajikan spot foto unik berupa berbagai macam lukisan tiga dimensi bermacam-macam bentuk. Lukisan 3D ini dilukis pada tembok rumah dan merupakan hasil kreasi seni warga setempat.

Gambar-gambar tiga dimensi yang ada di sini memiliki berbagai tema diantaranya budaya, olahraga, tema alam, gambar-gambar manusia, hingga tokoh kartun. Lukisan-lukisan yang dibuat dengan teliti ini tampak sangat nyata.

Gambar bertema hewan buas dengan pose siap menerkam menjadi salah satu spot foto paling favorit pengunjung disini. Pengunjung yang berfoto dapat merasakan seperti akan diterkam oleh hewan aslinya, loh.

“Keunikan yang menarik dan menonjol dari kampung ini adalah menampilkan warna dinding kampung dengan aneka warna-warni yang menarik dan tidak monoton,” tulis akun Instagram angga_diky dalam captionnya.

2. Spot foto rumah warna-warni

Selain lukisan 3D berbagai bentuk, rumah-rumah yang ada di kampung Tridi ini dicat warna-warni agar terlihat cantik. Pengunjung yang datang kesini sering berpose dengan latar belakang warna-warni kawasan kampung atau Kampung Warna-Warni di sisi lainnya. Apalagi ketika sore hari tiba, warna oranye langit menambah keindahan foto.

Kampung Tridi dulunya hanya sebatas kampung biasa bahkan terkenal kumuh. Namun atas inisiatif dari warganya, kampung ini kini menjadi destinasi wisata yang indah hingga mendapat Anugerah Pesona Indonesia 2020 dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kota Malang sebagai Destinasi Kreatif Terpopuler loh.

3. Spot Jembatan Kaca

 

Selain uniknya gambar di Kampung Tridi, ada juga wahana lain yaitu jembatan kaca yang menghubungkan antara Kampung Tridi dan Kampung Warna. Jembatan kaca dengan panjang kurang lebih satu meter ini terbuat dari besi yang kuat dan memiliki warna kuning terang yang menyala.

Alih-alih menggunakan besi atau beton sebagai lantai pijakan, jembatan ini justru menggunakan kaca sehingga pengunjung dapat menyaksikan Sungai Brantas di bawahnya. Namun jangan khawatir karena jembatan ini aman untuk dilewati. Jembatan ini juga menjadi spot foto Instagramable yang bisa dicoba.

4. Fasilitas dan Biaya Masuk

 

Untuk masuk ke destinasi wisata ini, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar 5000 rupiah yang terdiri dari biaya masuk 3000 rupiah dan parkir 2000 rupiah. Setelah membayar tiket masuk, pengunjung akan diberi kenang-kenangan berupa gantungan kunci khas Kampung Tridi.

Karena Kampung Tridi masih berupa pemukiman warga, pengunjung dikenakan waktu kunjung tertentu yaitu pada pukul 8 pagi hingga 7 malam. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu ketenangan penduduk.

Sedangkan untuk fasilitasnya, kampung ini telah tersedia fasilitas umum seperti toilet, mushola, hingga lahan parkir. Selain itu, pengunjung juga dapat mengisi perut di warung yang dikelola oleh warga setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini