Mengintip Tembok Besar Istana Majapahit yang Terletak di Tengah Hutan

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 406 2430655 mengintip-tembok-besar-istana-majapahit-yang-terletak-di-tengah-hutan-Qk1rLDZeHL.JPG Situs bersejarah yang konon berasal dari Kerajaan Majapahit (Foto: Youtube @kuno brono)

JAKARTA - Indonesia memang terkenal akan cerita dan sejarah kerajaan, adat istiadat, serta situs warisan peninggalan nenek moyang pada masa lampau.

Diketahui bahwa Indonesia pada zaman dahulu memang didominasi oleh kerajaan besar yang tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Belum lama ini, sebuah situs bersejarah yang konon merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Situs tersebut ditemukan berada di hutan Gunung Kutogirang, Kacamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Letaknya yang sangat tersembunyi membuat situs bersejarah dalam bentuk tembok benteng kerajaan ini hanya diketahui oleh penduduk setempat saja.

Situs Kerajaan Majapahit

Baca juga:

Tinju dan Cekik Pramugari, Pria ini Dipenjara

Mabuk, Pria Ini Lakukan Pelecehan Seksual Verbal pada Remaja Berkebutuhan Khusus

Dilansir dari beberapa sumber, Situs yang ditemukan berupa struktur bangunan tembok besar yang diperkirakan umurnya sudah ribuan tahun lamanya dan berada di dekat sumber mata air Gunung Penanggungan. Bangunan tersebut berdiri kokoh dan kuat dengan tembok besar yang terbuat dari batu bata besar kuno dengan posisi memanjang luas mengelilingi hutan.

Menurut warga setempat, situs ini merupakan bekas peninggalan Majapahit dan dibuat pada masa abad ke 15, dibawah kepemimpinan Raja Girindrawardana. Hingga saat ini belum ada penelitian secara pasti apakah benar bangunan tersebut merupakan situs Majapahit.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini