Rumah Si Pitung, Wisata Sejarah sang Pahlawan Betawi yang Melengenda

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 26 408 2431299 rumah-si-pitung-wisata-sejarah-sang-pahlawan-betawi-yang-melengenda-GE6yYLGsrS.jpg Rumah Si Pitung di Marunda Pulo, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara (mitramuseumjakarta.org)

SI PITUNG adalah sosok pendekar yang melegenda dalam cerita rakyat Betawi. Rumah Si Pitung yang dipercaya di Marunda Pulo, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara kini jadi salah satu destinasi wisata sejarah yang kental dengan nuansa Betawi. Objek wisata ini kerap dikunjungi masyarakat.

Baca juga: Liburan di Jakarta, Kunjungi 5 Museum Ini untuk Memperluas Wawasan

Karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro diperpanjang hingga 5 Juli 2021 untuk menekan penyebaran COVID-19, maka tempat wisata ikut terdampak. Rumah Si Pitung juga ditutup sementara.

Meski belum bisa dikunjungi sekarang, tapi tak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang rumah sang pendekar yang melegenda tersebut.

Pada awalnya Si Pitung di kenal sebagai perampok ulung. Hal itu disebabkan karena ia merasa sakit hati dengan orang Belanda dan Tionghoa karena hewan milik orang tuanya di rampas. Hingga pada akhirnya Pitung berguru ke sebuah perguruan silat yang berada di Rawa Belong, Jakarta Barat hingga ia jago.

Menjadi pendekar yang lihai ilmu bela diri membuat Pitung bertindak sebagai pahlawan. Ia melawan kezaliman Belanda terhadap penduduk pribumi. Belanda berang dan menjadikan Pitung sebagai musuh.

Baca juga: Masjid Si Pitung, Situs Bersejarah di Pesisir Jakarta

Lalu di era tahun 1800-an, rumah si Pitung merupakah rumah milik saudagar dan tuan tanah yang kaya raya bernama Haji Safiuddin yang pada akhirnya dirampok serta diambil alih oleh Si Pitung.

Era kolonial belanda, tokoh pendekar satu ini memang sudah dikenal luas oleh masyarakat betawi. Kebaikan hati si Pitung yang telah menolong banyak masyarakat Betawi yang tertindas mmebuat sosoknya semakin melegenda.

Nama besarnya yang menjadi legenda di Indonesia membuat rumah Si Pitung ditetapkan sebagai Museum Cagar Budaya berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 9 Tahun 1999 yang sekarang kita kenal sebagai Museum Kebaharian Rumah SI Pitung.

Ilustrasi

Sebuah tempat destinasi wisata yang memiliki budaya yang kuat serta sejarah yang kental di hati masyrakat Betawi. Museum ini sangat cocok sebagai sarana edukasi pembelajaran anak terkait ilmu pengetahuan, kesenian dan adat istiadat.

Hal tersebut diperkuat dengan keadaan saat ini, di mana museum Si Pitung menjadi pusat ikon budaya Betawi yang setiap tahunnya selalu diadakan festival kesenian dan kebudayaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini