Share

Wisata Sawah Gunung Mulia, Destinasi Baru untuk Liburan di Tengah Pandemi

Antara, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 408 2431985 wisata-sawah-gunung-mulia-destinasi-baru-untuk-liburan-di-tengah-pandemi-ydSJ9sSmMt.jpeg Wisata Sawah Gunung Mulia di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Antara)

KEHADIRAN destinasi Wisata Sawah Gunung Mulia di Kecamatan Babulu, dinilai turut mewarnai perkembangan wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, karena makin banyak pilihan bagi wisatawan.

"Wisata Sawah ini merupakan warna baru dalam sejarah destinasi wisata di PPU, jadi saya beri apresiasi untuk Kepala Desa Gunung Mulia yang telah merealisasikannya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PPU Andi Israwati di Penajam, Senin (28/6/2021).

Baca juga:  Sensasi Tidur di Sawah sambil Menikmati Hutan Gunung Leuser

Akhir-akhir ini, banyak wisatawan yang ingin merasakan hal berbeda dalam menikmati destinasi wisata, terutama wisatawan mancanegara, sehingga kehadiran wisata sawah tersebut menjadi daya tarik tersendiri sebagai alternatif bagi wisatawan.

Saat ini, lanjut Andi, banyak wisatawan yang lebih suka datang ke desa-desa karena ingin lebih mengenal budaya masyarakatnya dan pemandangan yang menarik di desa, sehingga terbangunnya wisata sawah ini dipastikan menjadi daya tarik tersendiri.

 

Namun, ia tetap berharap kepada Oddang, Kepala Desa Gunung Mulia, tidak berhenti hanya pada peluncuran wisata sawah tersebut, namun harus terus mengembangkan agar wisatawan tidak hanya beberapa jam berkunjung.

Baca juga:  Lingko Meler, Sawah Berbentuk Jaring Laba-Laba di Flores yang Mendunia

"Kami berharap wisatawan yang berkunjung bisa bermalam di desa setempat atau di sekitar desa, sehingga cara yang bisa ditempuh antara lain pengelola wisata sawah menjalin kerja sama dengan pengelola destinasi wisata lain," katanya.

Hal ini perlu dilakukan karena di Kecamatan Babulu dan sekitarnya masih banyak destinasi lain yang menarik, seperti di Desa Babulu Laut yang terdapat wisata kuliner seafood dan ada plankton biru saat malam, sehingga wisatawan bisa bermalam.

Kemudian di Kecamatan Penajam ada beberapa wisata pantai, di Kecamatan Waru ada wisata pantai, mangrove, hingga goa, dan di Kecamatan Sepaku ada wisata goa dan gunung embun yang juga menarik dikunjungi.

 Ilustrasi

Apabila wisatawan tertarik bermalam, apalagi sampai betah beberapa hari di PPU, lanjutnya, tentu dampak ekonominya akan luas, seperti hotel atau penginapan akan menerima manfaat, kemudian kuliner, hingga souvernir juga akan laku.

"Dalam waktu dekat kami akan menyosialisasikan kepada pokdarwis (kelompok sadar wisata) terkait interkoneksi wisata di PPU, kemudian pelan-pelan juga kami upayakan bisa terbangun homestay di seputar wisata sawah," ucap Israwati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini