Liburan ke Kuningan, Ini 5 Wisata Alam Keren yang Bisa Dinikmati

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 408 2432690 liburan-ke-kuningan-ini-5-wisata-alam-keren-yang-bisa-dinikmati-WEv76iVbRk.jpg Ciremai Land Glamping di Kuningan, Jawa Barat (Foto Instagram @fendy_chandra)

KUNINGAN memiliki segudang destinasi wisata alam yang memukau. Kabupaten di Jawa Barat ini juga punya gunung api cantik yakni Gunung Ciremai. Kawasan di sekitar gunung ini menawarkan panorama yang indah.

Kuningan kerap dikunjungi wisatawan dari Jawa Barat maupun Jakarta setiap akhir pekan atau hari libur nasional. Selain keindahan alam, Kuningan juga punya sejumlah situs-situs bersejarah.

Baca juga: 174 Objek Wisata di Kuningan Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran

Nah, kalau mau liburan ke Kuningan, berikut 5 objek wisata alam yang bisa Anda kunjungi :

Woodland

Woodland terletak di Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kuningan. Sajian utama wisata ini merupakan pohon-pohon pinus yang rindang, juga batu-batu besar hasil erupsi Gunung Ciremai di masa lampau, para wisatawan yang berkunjung akan merasakan sensasi berada di tengah hutan.

Fasilitas lain yang tersedia di tempat ini yakni spot foto di dalam air yang dilengkapi properti seperti motor, komputer, dan sepeda. Hal inilah yang menjadi daya tarik pengunjung karena merasakan pengalaman unik. Banyak juga spot-spot lain yang tak kalah keren untuk ber-swafoto.

Ciremai Land Glamping

Bagi Anda yang suka menginap di lokasi dengan sajian alam dan pegunungan keren, tempat ini patut dicoba. Ciremai Land Glamping terletak di Puncak, Kecamatan Cigugur, Kuningan.

Di sini anda bisa menikmati panorama city light pada saat malam hari dari atas bukit. Saat menikmati suasana ini, tak perlu risau akan hawa dingin, karena disediakan juga tempat untuk menyalakan api unggun.

Meski lokasinya cukup tersembunyi, namun hal tersebut akan terbayarkan karena terdapat berbagai wisata lainnya di sekitar tempat lokasi, seperti Palutungan, Ipukan, Sukageuri View dan masih banyak lagi.

Linggarjati

Mungkin bagi sebagian orang nama ini tidak asing di telinga. Ya, Linggarjati merupakan tempat bersejarah hasil perjuangan diplomatik yang dilakukan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Museum Gedung Perundingan Linggarjati ini berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

ilustrasi

Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan sekitar, anda dapat beristirahat sejenak dengan berpiknik bersama keluarga di sekitar lokasi. Anda cukup membayar ke lokasi museum, kemudian dapat menikmati piknik santai bersama keluarga.

Selain museum, kawasan ini juga memiliki tempat wisata lain seperti kolam renang, danau, dan terapi ikan tentunya dengan pemandangan alam yang sangat memukau.

Telaga Nilem

Wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjauhi hiruk pikuk suasana kota, karena Telaga Nilem merupakan tempat yang cukup tenang juga jauh dari perkotaan.

Kedalaman telaga ini berkisar 2-3 meter, selain itu Telaga Nilem memiliki air yang cukup jernih sehingga para pengunjung dapat menyelam di telaga ini. Pengunjung dapat menemukan bebatuan dan ganggang yang bisa dilihat dari atas air.

Namun, bila tidak ingin berenang di telaga, pengunjung dapat bersantai di sekitar telaga dan menikmati panoramanya.

Telaga ini berada di Desa Kadeula, Kecamatan Pesawahan, Kuningan.

ilustrasi

Balong Keramat Darmaloka

Objek wisata ini memiliki danau kecil yang bisa dinikmati keindahannya. Selain danau, Balong Keramat Darmaloka di Desa Darma ini memiliki pemandangan indah karena pepohonan di sekitarnya yang semakin membuat danau ini sejuk.

Dengan tarif Rp5000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati danau dan melihat banyak ikan dewa di sini.

Selain danau, pengunjung juga dapat berziarah ke makam Syekh Rama Haji Irengan yang dibuka setiap hari.

Untuk mengunjungi kawasan ini, anda dapat membawa bekal sendiri atau mencari warung terdekat di wilayah balong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini