6 Kebun Binatang dan Akuarium Terbaik di Meksiko Bikin Turis Terpesona

Fatha Annisa, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 408 2432811 6-kebun-binatang-dan-akuarium-terbaik-di-meksiko-bikin-turis-terpesona-IpW3SdFCmq.jpg Africam Safari di Meksiko (CNN)

MEKSIKO punya kebun binatang dan akuarium terbaik sebagai destinasi wisata. Selain terkenal dengan makanan khasnya Taco, negara ini juga memiliki keindahan alam dan tempat-tempat unik yang layak dikunjungi.

Saat mendengar nama Meksiko, banyak orang langsung teringat dengan suasana perkotaannya yang meriah. Negara di Amerika Utara ini berbatasan langsung dengan Amerika serikat. Bentang alam eksotisnya buat negara dengan ibu kota Mexico City ini jadi destinasi liburan banyak turis.

Namun, wisata alam bukan satu-satunya tujuan terfavorit wisatawan. Meksiko juga punya beberapa kebun binatang dan akuarium yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 4 Pantai Indah di Meksiko yang Cocok Masuk Daftar Liburan

Dikumpulkan dari beberapa sumber, berikut 5 kebun binatang dan akuarium terbaik di Meksiko:

1. Acuario Inbursa

Acuario Inbursa akan mengajak pengunjung bertemu dengan lebih dari 14.000 spesimen dari 350 spesies seperti hiu, penguin, pari, ubur-ubur, dan banyak lagi. Di sana juga terdapat banyak jenis reptil yang akan Anda jumpai.

ilustrasi

Acuario Inbursa di Meksiko (cdmxtravel.com)

Akuarium yang berada di daerah Nuevo Polanco di distrik Miguel Hidalgo, Mexico City ini merupakan yang terbesar di Meksiko. Ruang pamerannya seluas 3.500 meter persegi dengan 1,6 juta liter air laut.

Bangunan ini terdiri dari 5 lantai dan 4 di antaranya berada di bawah tanah. Sementara itu, Acuario Inbursa juga memiliki akuarium interaktif. Pengunjung dijamin akan merasa lebih dekat dengan hewan-hewan laut yang ada.

2. Chapultepec Zoo

Didirikan sejak 6 Juli 1923 oleh ahli biologi Meksiko Alfonso Luis Herrera, Chapultepec Zoo merupakan kebun binatang paling populer di Meksiko.

Berlokasi di Taman Chapultepec dengan Mexico City, kebun binatang ini juga digadang-gadang menjadi yang paling sering dikunjungi di dunia. Setiap tahunnya tercatat lebih dari 5,5 juta pengunjung dari seluruh negeri.

Chapultepec Zoo dianggap wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai pusat integrasi sosial, keluarga, dan antargenerasi. Memiliki hampir 2.000 hewan dari lebih dari 200 spesies yang ada, kebun binatang ini acap kali jadi tujuan wisata keluarga.

ilustrasi

Chapultepec Zoo di Meksiko (Instagram @danaguirre)

Nama Chapultepec Zoo juga semakin dikenal setelah sukses melestarikan hewan-hewan yang terancam punah melalui program pemuliaan spesies terancamnya. Hewan-hewan tersebut antara lain panda raksasa, burung kondor California, dan serigala Meksiko.

3. Zoológico de San Juan de Aragón

Kebun Binatang San Juan de Aragon diresmikan pada 20 November 1964. Lokasinya berada di dekat hutan San Juan de Aragon di Meksiko, D, F. dalam waktu tiga bulan dari dimulainya pembangunan, kebun binatang ini membuat 104 shelter untuk memamerkan sekiranya 1.650 spesimen dari 135 spesies. Lalu pada 1999, kebun binatang ini direnovasi.

Setelah selesai direnovasi atau pada tahun 2002, pengunjung Kebun Binatang San Juan de Aragon dapat melihat hewan dan tumbuhan berdasarkan asal benuanya.

Baca juga: Lubang Berdiameter 60 Meter Secara Misterius Terbentuk di Lahan Pertanian

Desain pameran juga dibuat sedemikian rupa dengan habitat aslinya. Dengan begitu pengunjung tidak hanya dapat mengetahui spesies hewannya saja, tapi jenis vegetasi dan topografinya juga.

Beberapa daerah baru sekarang telah dibangun, termasuk zona kering dan semi-kering Meksiko, yang memiliki tempat perlindungan seperti serigala Meksiko, anjing padang rumput, coati, rakun, peccary berkerah, dan coyote.

Zona pesisir termasuk macaw hijau, singa laut California dan Patagonian. Zona tropis Meksiko termasuk monyet laba-laba, jejak interpretasi Panthera onca dan kandang burung. Serta daerah padang rumput yang diwakili oleh sabana Afrika, gajah Asia, badak putih, simpanse, dan kuda nil.

4. Zoológico Zacango

Kebun Binatang Zacango memiliki lebih dari 180 spesies berbeda dari seluruh dunia. 80 di antaranya sudah terancam punah. Kebun binatang ini berjarak cukup dengan dengan Nevado de Toluca, tepatnya di kotamadya Calimaya, sekitar 14 kilometer dari Kota Toluca, Negara Bagian Meksiko.

Zoológico Zacango telah resmi dinyatakan sebagai Kawasan Alam Lindung sejak 29 Agustus 1981.

Kawasan kebun binatang dibagi menjadi 6 zona yang berbeda. Zona Aviary, Zona Karnivora, Zona Primata, Zona Herbivora, Zona Afrika, serta pameran ular dan reptil dengan koleksi terlengkap di Amerika Latin.

ilustrasi

Sekiranya ada lebih dari 60 spesies reptil di tempat wisata tersebut. Beberapa di antaranya merupakan spesimen unik seperti Gabon Viper, Green Mamba, Albino Python dan Anaconda.

5. Acuario Michin Guadalajara

Akuarium Michin merupakan akuarium yang belum lama dibuka untuk umum di Meksiko. Pembukaannya dilakukan pada bulan Juni 2017 lalu dan terletak di salah satu taman umum paling indah di Guadalajara, Meksiko.

Akuarium Michin menyajikan pemandangan pelagis yang luar biasa dari predator air besar serta ikan dan hewan endemik Amerika Latin atau laut tropis lainnya.

Pengunjung akan mendapatkan pemandangan menakjubkan dan dekat dengan ikan tropis, buaya, burung, reptil, kura-kura, berang-berang dan 12 spesies hiu.

Selain itu ada beberapa aktivitas yang tersedia seperti interaksi dengan buaya kecil, boa, dan macaw.

6. Africam Safari

Africam Safari adalah taman safari Meksiko yang didirikan pada tahun 1972 oleh Kapten Carlos Camacho Espíritu. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari kota Puebla, Meksiko.

Mulanya hewan-hewan di sini hanya koleksi pribadi milik Carlos yang merupakan seorang veteran, pilot, pembawa acara radio dan pebisnis. Pada 2 April 1972 Safari Africam baru dibuka untuk umum.

Di Africam Safari pengunjung akan merasakan sensasi berjumpa dengan hewan seperti di habitat aslinya. Mereka berkeliaran dengan bebas. Oleh karenanya, pengunjung hanya diperbolehkan mengamati dari dalam kendaraan pribadi atau bus pemandu taman.

Africam Safari memiliki beberapa habitat, termasuk Savannah Afrika, stepa Amerika, Hutan Tropis, Hutan Meksiko, Danau Harimau, Wilayah Singa, dan zona petualangan pejalan kaki. Ada sekitar 2500 hewan dari 350 spesies yang berkeliaran bebas di habitat yang dikatakan mendorong perkembangan dan reproduksi hewan ini.

Ada pula tanda jalan yang mencegah pengunjung dari serangan hewan, menyarankan pengunjung untuk menutup jendela dan tidak mengganggu hewan sehingga keselamatan tetap terjaga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini