Deretan Kuliner Khas Cirebon yang Populer, Harus Dicoba!

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 301 2433254 deretan-kuliner-khas-cirebon-yang-populer-harus-dicoba-HQnOgtVVW7.jpg Empal gentong (Instagram @cirebonpunya)

CIREBON yang terletak di Jalur Pantura, Jawa Barat dijuluki sebagai Kota Udang. Maka tak heran jika daerah ini punya banyak kuliner khas yang bisa menggoyang lidah wisatawan.

Nah, saat berkunjung atau melewati Cirebon, mampirlah di warung-warung lalu coba cicipi aneka makanan khasnya. Salah satu kuliner Cirebon yang terkenal adalah empal gentong.

Baca juga: Libur Nataru, Yuk Kulineran ke Rumah Makan Legendaris di Cirebon

Berikut adalah makanan-makanan yang harus Anda santap saat mampir ke Cirebon:

1. Nasi Jamblang Bu Nur

Wisata kuliner yang paling terkenal di Cirebon ialah nasi Jamblang. Dari sekian banyaknya warung nasi jamblang di Cirebon, Nasi Jamblang Bu Nur inilah yang paling terkenal dan paling ramai pengunjung sejak pertama dibuka.

ilustrasi

Nasi Jamblang Bu Nur yang beralamatkan di Jalan Cangkring Nomor 185 ini menyediakan aneka macam masakan seperti kentang, cumi, prekedel, ikan asin, jeroan sapi, dan masih banyak lagi yang kemudian disajikan di atas nasi beralaskan daun jati.

2. Empal Gentong Krucuk

Wisata kuliner berikutnya ialah empal gentong. Siapa yang tidak tergoda jika mendengar kata empal kentong? Limpahan daging dan jeroan sapi diguyur kuah santan ini selalu membuat lidang bergoyang saat menyantapnya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Cirebon, Rasanya Maknyus Harga Terjangkau

Di Cirebon sendiri empal gentong krucuk merupakan kuliner yang sangat terkenal. Empal gentong krucuk berada di jalan slemat Riyadi No. 5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon. Satu porsi empal gentong dibandrol dengan harga Rp. 20.000 termasuk dengan nasi.

Di warung empal gentong krucuk ini juga tersedia kuliner lain, seperti tahu gejrot, es duren, dan masih banyak lagi.

3. Tahu Gejrot Pasar Kanoman

Jajanan yang wajib kamu beli saat ke Cirebon selanjutnya ialah tahu gejrot. Tahu Gejrot memang mudah ditemukan di berbagai kota, namun tahu gejrot Cirebon memiliki cita rasa tersendiri yang tidak bisa dikalahkan.

Tahu yang dipotong kecil, dibumbui dengan cabai dan bawang merah kemudian disiram kuah asam gula jawa, mampu menyegarkan tenggorokan serta memberikan efek mengenyangkan.

Tahu gejrot sangat cocok dinikmati di siang hari.

Tahu gejrot pasar Kanoman, Cirebon ini dibandrol dengan harga Rp. 12.000/porsi.

4. Mie Kocok Panjunan

Mie Kocok Panjunan yang beralamat di jalan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon memiliki cita rasa yang gurih dan berbeda dari mie kocok yang biasa kamu jumpai di kota-kota lain.

ilustrasi

Mie kocok Panjunan memiliki cita rasa yang pekat dari santan, merica dan kaldu ayam yang kuat.

Selain itu kuah dari mie kocok ini sangat kental. Berbagai toping yang disajikan menambah kelezatan dan menyempurnakan rasa dari Mie Kocok legendaris kota Cirebon ini. Mie Kocok ini dibandrol dengan harga Rp. 20.000/porsinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini